Effendi, M. Amrullah (2021) Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Search, Solve, Create, and Share (SSCS) Pada Pembelajaran Biologi Kelas X IPA Semester 2 di SMA Negeri 11 Medan. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8176174014 COVER.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
2. NIM 8176174014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
3. NIM 8176174014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
4. NIM 8176174014 PREFACE.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
5. NIM 8176174014 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
6. NIM 8176174014 TABELS.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7. NIM 8176174014 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
8. NIM 8176174014 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
9. NIM 8176174014 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (499kB) | Preview
13. NIM 8176174014 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
14. NIM 8176174014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (414kB) | Preview
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis search, solve, create, and share pada pembelajaran biologi kelas X IPA SMA Semester 2 di SMA Negeri 11 Medan. Pembelajaran SSCS yang dikolaborasikan dengan LKS dapat meningkatkan peserta didik secara aktif dalam pembelajaran di sekolah karena proses ini dapat memfasilitasi siswa dalam mencari, menemukan dan membangun pengetahuannya untuk memecahkan masalah. Metode penelitian yang digunakan, yaitu metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model pengembangan produk yang mengadaptasi model pengembangan Borg and Gall. Pada penelitian hanya dilakukan sampai tahap pengembangan. Hasil pengembangan LKS berbasis SSCS menurut ahli materi yang terdiri dari aspek kelayakan isi sebesar 85,19% kriteria pada tingkat sangat baik/ layak, kelayakan penyajian sebesar 85% kriteria pada tingkat sangat baik/ layak, dan komponen SSCS sebesar 85,26% kriteria pada tingkat sangat baik/ layak, sedangkan menurut ahli desain aspek kelayakan terdiri dari desain sampul sebesar 90% kriteria pada tingkat sangat baik/ layak, tipografi sampul sebesar 100% kriteria pada tingkat sangat baik/ layak, desain isi LKS sebesar 87,50 kriteria pada tingkat sangat baik/ layak, dan ilustrasi isi LKS sebesar 81,25% kriteria pada tingkat sangat baik/ layak. Berdasarkan tanggapan guru menunjukkan kriteria sangat baik/ layak, dengan persentase skor keseluruhan penilaian guru sebesar 92,17%. Hasil tanggapan siswa berdasarkan uji coba perorangan sebesar 78,13% dengan kriteria sangat baik/ layak, uji kelompok kecil sebesar 78,24% dengan kriteria sangat baik/ layak dan uji coba lapangan terbatas sebesar 81,48% dengan kriteria sangat baik/ layak.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 574.72 Efe p |
Keywords: | Pengembangan; LKS; Biologi; SMA; SSCS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QH Natural history Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 29 Apr 2021 03:30 |
Last Modified: | 17 May 2021 19:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41998 |