PENGARUH KEMANDIRIAN DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII JURUSAN AKUNTANSI SMK NEGERI 7 MEDAN

SIMANJUNTAK, BETTY KRISTINA (2020) PENGARUH KEMANDIRIAN DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII JURUSAN AKUNTANSI SMK NEGERI 7 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM 7161142007 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 7161142007 COVER.pdf - Published Version

Download (331kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 7161142007 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 7161142007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (772kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 7161142007 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM 7161142007 PREFACE.pdf - Published Version

Download (944kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 7161142007 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM 7161142007 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (463kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 7161142007 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 7161142007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (616kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 7161142007 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 7161142007 TABLES.pdf - Published Version

Download (448kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 7161142007 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 7161142007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (312kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 7161142007 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 7161142007 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (446kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 7161142007 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 7161142007 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 7161142007 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 7161142007 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (568kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 7161142007 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 7161142007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (850kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurang optimalnya Prestasi Belajar akuntansi siswa kelas XII Jurusan Akuntansi SMK Negeri 7 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar dan minat belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XII Jurusan Akuntansi SMK Negeri 7 Medan. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 7 Medan yang beralamat di Jalan STM No. 12 E, Sitirejo II, Kec. Medan Amplas. Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII Akuntansi sebanyak 173 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 121 siswa, dimana pengambilan sampel Simple Random Sampling dengan teknik acak. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi dan penyebaran angket. Angket penelitian terlebih dahulu diuji validitas dan realiabilitas. Kemudian data yang terkumpul diolah menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS versi 22.
Berdasarkan hasil analisis regresi linear berganda diketahui bahwa Y = 4,844 + 0,730X1 + 0,201 X2. Berdasarkan model regresi tersebut diperoleh nilai koefisien kemandirian belajar (b1) bernilai positif, hal ini menunjukkan bahwa saat Kemandirian belajar mengalami kenaikan maka prestasi belajar akuntansi siswa mengalami peningkatan dan sebaliknya. Begitu juga halnya nilai koefisien minat belajar (b2) bernilai positif, mengandung arti bahwa apabila minat belajar siswa mengalami kenaikan, maka prestasi belajar akuntansi siswa akan mengalami peningkatan dan sebaliknya dengan syarat variabel bebas lainnya bernilai tetap.
Berdasarkan pengujian hipotesis secara parsial, terdapat pengaruh yang signifikan antara Kemandirian belajar terhadap prestasi belajar akuntansi dengan nilai thitung > ttabel (13,899 > 1,980) dan nilai signifikansi (0,000 < 0,05). Minat belajar juga berpengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi dengan nilai thitung > ttabel (3,515 > 1,980) dan nilai signifikansi (0,001 < 0,05). Selanjutnya kemandirian belajar dan minat belajar secara simultan berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi diperoleh Fhitung sebesar 383,874 dan Ftabel sebesar 3,07. Dengan demikian nilai Fhitung > Ftabel (383,874 > 3,07) dan nilai signifikasi (0,000 < 0,05). Dengan besarnya pengaruh kedua variabel bebas tersebut sebesar 86,7%. berarti terdapat 13,3% lagi dijelaskan oleh variabel lain yang relevan dan tidak dikaji dalam penelitian ini.
Berdasarkan hasil uji regresi linear berganda dapat disimpulkan bahwa Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial ada pengaruh signifikan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XII Akuntansi SMK Negeri 7 Medan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial ada pengaruh signifikan Minat belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XII Akuntanssi SMK Negeri 7 Medan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan ada pengaruh signifikan antara Kemandirian belajar dan Minat belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XII Akuntansi SMKN 7 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kemandirian belajar , Minat Belajar, Prestasi Belajar Akuntansi
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC25 Self-education. Self-culture
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 29 Apr 2021 02:04
Last Modified: 29 Apr 2021 02:04
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41985

Actions (login required)

View Item
View Item