SINAGA, MELINTIKA (2020) PENGARUH PRAKTIK KERJA LAPANGAN DAN HASIL BELAJAR MATA DIKLAT PRODUKTIF AKUNTANSI TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI DI KOTA MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1.NIM 7163142026 COVER.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
2.NIM 7163142026 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3.NIM 7163142026 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
4.NIM 7163142026 PREFACE.pdf - Published Version
Download (649kB) | Preview
5.NIM 7163142026 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (596kB) | Preview
6.NIM 7163142026 TABLES.pdf - Published Version
Download (380kB) | Preview
7.NIM 7163142026 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
8.NIM 7163142026 APPENDINCES.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
9.NIM 7163142026 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13.NIM 7163142026 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
14.NIM 7163142026 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (471kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kesiapan kerja siswa SMK Negeri program keahlian akuntansi di kota Medan. Penelitian inibertujuan untuk menguji pengaruh praktik kerja lapangan dan hasil belajar mata diklat produktif akuntansi terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII program keahlian akuntansi SMK Negeri di kota Medan. Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII Akuntansi sebanyak 408 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 202 siswa, dimana pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi, wawancara dan penyebaran angket. Angket penelitian terlebih dahulu diuji validitas dan realiabilitas. Kemudian data yang terkumpul diolah menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS versi 22.
Dari hasil analisis regresi linear berganda diperoleh nilai Y = 23,001+ 0,466X1 + 0,272X2. Berdasarkan model regresi tersebut diperoleh nilai koefisien praktik kerja lapangan (b1) bernilai positif, mengandung arti bahwa apabila praktik kerja lapangan (X1) mengalami kenaikan, maka kesiapan kerja siswa (Y) akan mengalami peningkatan dan sebaliknya dengan syarat variabel bebas lainnya bernilai tetap. Begitu juga halnya nilai koefisien hasil belajar mata diklat produktif akuntansi (b2) bernilai positif, mengandung arti bahwa apabila koefisien hasil
belajar mata diklat produktif akuntansi (X2) mengalami kenaikan, kesiapan kerja siswa (Y) akan mengalami peningkatan dan sebaliknya dengan syarat variable bebas lainnya bernilai tetap.
Berdasarkan pengujian hipotesis secara parsial, terdapat pengaruh yang signifikan antara praktik kerja lapangan terhadap kesiapan kerja siswa dengan nilai thitung sebesar 10,272 > 1,971 ttabel dan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Hasil belajar mata diklat produktif akuntansi juga berpengaruh signifikan terhadap kesiapan kerja siswa dengan nilai thitung sebesar 3,034> 1,971 ttabel dan nilai
signifikan sebesar 0,003<0,05. Selanjutnya praktik kerja lapangan dan hasil belajar mata diklat produktif akuntansi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kesiapan kerja siswa dengan nilai Fhitung sebesar 61,737> 3,04 Ftabel dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 <0,05. Dengan besarnya pengaruh kedua variabel bebas tersebut adalah 37,7%, sedangkan 62,3% dijelaskan oleh variabel
lain yang relevan dan tidak dikaji dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | praktik kerja lapangan, hasil belajar mata diklat produktif akuntansi, kesiapan kerja |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 22 Apr 2021 06:42 |
Last Modified: | 22 Apr 2021 06:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41899 |