PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN ULAR TANGGA EKONOMI (UTAMI) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X IPS DI SMAN 7 MEDAN

NABABAN, LUSNI VERAWATY (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN ULAR TANGGA EKONOMI (UTAMI) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X IPS DI SMAN 7 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 7161141021 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 7161141021 COVER.pdf - Published Version

Download (329kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 7161141021 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 7161141021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (435kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 7161141021 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 7161141021 PREFACE.pdf - Published Version

Download (690kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 7161141021 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 7161141021 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (545kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 7161141021 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 7161141021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (560kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 7161141021 LIST OF TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 7161141021 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (418kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 7161141021 LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 7161141021 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (314kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 7161141021 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 7161141021 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 7161141021 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 7161141021 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (508kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 7161141021 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 7161141021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (668kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar ekonomi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan media pembelajaran permainan ular tangga ekonomi serta untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran permainan ular tangga ekonomi untuk meningkatkan motivasi belajar ekonomi siswa kelas X IPS SMAN 7 Medan.
Penelitian ini dilaksana di SMAN 7 Medan. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah sisw kelas X IPS SMAN 7 Medan T.P 2019/2020 yang berjumlah 43 siswa. Kemudian subjek uji coba dibagi atas subjek uji terbatas dan subjek uji coba lapangan. Penentuan besarnya jumlah subjek uji coba terbatas ditentukan secara acak dengan menggunakan 10 orang siswa dan subjek uji coba lapangan diambil secara keseluruhan sebanyak 30 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah angket validasi ahli, angket motivasi belajar siswa. Angket validasi ahli terdiri dari validasi ahli materi, media, dan desain pembelajaran. Angket motivasi belajar terdiri dari angket sebelum penggunaan dan sesudah penggunaan yang terdiri dari 20 butir pernyataan. Sebelum angket ini diberikan pada subjek uji coba terlebih dahulu angket ini diujicobakan untuk melihat tingkat validitas dan validitasnya.
Hasil penelitian menunjukkan lima tahap dalam pembuatan Ular Tangga Ekonomi: 1) Analisis (Analysis), 2) Desain (Design), 3) Pengembangan (Development), 4) Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Dari hasil analisa data hasil penilaian oleh ahli materi diperoleh rerata sebesar 4,08 yang termasuk ke dalam kategori “Layak”, dan penilaian oleh ahli media diperoleh hasil rerata 4,085 yang termasuk ke dalam kategori “Layak”, dan penilaian dari ahli desain pembelajaran diperoleh hasil rerata sebesar 4,77 yang termasuk ke dalam kategori “Sangat Layak”. Selanjutnya hasil angket penilaian siswa terhadap media pembelajaran diperoleh hasil rerata skor sebesar 4,32 dengan kategori “Sangat Layak” dari 10 orang siswa pada uji coba terbatas dan rerata skor sebesar 4,56 dengan kategori “Sangat Layak” dari 33 siswa pada uji coba terbatas. Dengan demikan, Ular Tangga Ekonomi ini layak digunakan sebagai media pembelajaran. Berdasarkan analisis peningkatan motivasi belajar dengan uji t diperoleh t hitung = 17.917 > t tabel 2.0395 yang menunjukkan perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran permainan ular tangga pada materi keseimbangan pasar dan struktur pasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media Pembelajaran, Permainan Ular Tangga Ekonomi, Motivasi Belajar
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 20 Apr 2021 04:37
Last Modified: 20 Apr 2021 04:37
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41871

Actions (login required)

View Item
View Item