PURBA, PEBRINA G.M (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI KELAS XI IPS SMA METHODIST 7 MEDAN T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7133141080 COVER.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
2. NIM. 7133141080 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (541kB) | Preview
3. NIM. 7133141080 PREFACE.pdf - Published Version
Download (681kB) | Preview
4. NIM. 7133141080 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
5. NIM. 7133141080 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (732kB) | Preview
6. NIM. 7133141080 TABLES.pdf - Published Version
Download (410kB) | Preview
7. NIM. 7133141080 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
8. NIM. 7133141080 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
9. NIM. 7133141080 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM. 7133141080 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
14. NIM. 7133141080 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (474kB) | Preview
Abstract
Saat ini begitu banyak permasalahan pendidikan yang kita temui. Adapaun salah satu permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Swasta Methodist 7 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran cooperative script terhadap hasil belajar ekonomi di kelas XI IPS SMA Swasta Methodist 7 Medan.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Methodist 7 Medan yang terletak di Jl. Madong Lubis No. 7 Medan pada semester 1 (ganjil) Tahun Ajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Swasta Methodist 7 Medan. Dan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh yang merupakan bagian dari non probability sampling. Sampel jenuh yakni diambil berdasarkan populasi yang relative kecil, yakni kurang dari 30 populasi, dimana
penulis mengambil seluruh populasi yang ada, yaitu kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang
dilakukan oleh penulis yakni menggunakan test yang terbagi 2 yaitu pre test dan post test. Sedangkan untuk teknik analisis penulis menggunakan perhitungan skor mentah
untuk tiap kelompok, perhitungan standar deviasi, uji normalitas data, uji homogenitas, dan uji hipotesis.
Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa rata-rata pre test dan post test kelas eksperimen adalah rentang 64 sampai dengan 97 dengan rata-rata hitung 79,19 untuk pre test kelas ekperimen dan rentang 75 sampai 97 dengan rata-rata hitung 86,28. Sedangkan untuk uji validitasnya yaitu 0.33 dan uji reliabilitasnya 0.863. Dari pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung (13.78) > ttabel. Dengan kata lain Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan model pembelajaran Coopertaive Script dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Sehingga dari hasil uji dan kesimpulan diatas maka dianjurkan kepada peneliti selanjutnya yang ingin menggunakan model pembelajaran Coopereative Script sebagai variable bebas dalam penelitiannya disarankan untuk meneliti aspek lain
seperti minat, motivasi, kemampuan siswa berpikir kritis dan aktivitas siswa. Selain itu juga dianjurkan untuk mempersiapkan alokasi waktu penelitian sebaik mungkin
agar model pembelajaran ini dapat berjalan sesuai dengan waktunya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Cooperative Script, Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 21 Apr 2021 02:36 |
Last Modified: | 21 Apr 2021 02:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41866 |