NAINGGOLAN, CANDRA F (2020) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DAN MOTIVASI ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 DELI TUA TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7163141009 COVER.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
2. NIM. 7163141009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (900kB) | Preview
3. NIM. 7163141009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (666kB) | Preview
4. NIM. 7163141009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
5. NIM. 7163141009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (387kB) | Preview
6. NIM. 7163141009 TABLES.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
7. NIM. 7163141009 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
8. NIM. 7163141009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
12. NIM. 7163141009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (720kB) | Preview
13. NIM. 7163141009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (484kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar ekonomi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar ekonomi siswa, 2) pengaruh motivasi orang tua terhdap prestasi belajar ekonomi siswa, 3) pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru dan motivasi orang tua terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMANegeri 1 Deli Tua Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Deli Tua dengan jumlah sampel 72 siswa, dengan teknik pengambilan sampel teknik random sampling.
Penelitian ini adalah penelitian Expost Facto, dimana untuk mendapatkan data penelitian digunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan regresi linear berganda dan untuk uji hipotesis dengan menggunakan uji-t dan uji-f dengan menggunakan bantuan program IBM SPSS 21.00.
Hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linear berganda yaitu Y = 3,545 + 0,410X1 + 0,588 X2 + e. hasil uji-t diperoleh thitung = 4,676 > 1,667 serta nilai signifikansi 0,000 < 0,05 untuk hipotesis 1 dan untuk hipotesis 2 diperoleh thitung =6,328 > 1,667 serta nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Sedangkan pengujian hipotesis secara simultan diperoleh Fhitung = 177,507 dan nilai signifikansi adalah 0,000< 0,05.dengan hasil uji determinasi dari R2 adalah sebesar 0,837.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : 1) ada pengaruh positif dan signifikan persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru terhdap prestasi belajar ekonomi, 2) ada pengaruh positif dan signifikan motivasi orang tua terhadap prestasi belajar ekonomi, 3) ada pengaruh positif dan signifikan persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru dan motivasi orang tua terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMANegeri 1 Deli Tua Tahun Ajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kompetensi Profesional Guru, Motivasi Orang Tua, dan Prestasi Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1771 Certification of teachers |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 19 Apr 2021 03:30 |
Last Modified: | 19 Apr 2021 03:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41855 |