UDEK, ANGGA LIANNO MARPUDAMAN (2020) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR, BIMBINGAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMA SINAR HUSNI MEDAN T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
01. NIM. 7163141005 COVER.pdf - Published Version
Download (308kB) | Preview
02. NIM. 7163141005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (925kB) | Preview
03. NIM. 7163141005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (752kB) | Preview
04. NIM. 7163141005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (538kB) | Preview
05. NIM. 7163141005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (678kB) | Preview
06. NIM. 7163141005 TABLES.pdf - Published Version
Download (500kB) | Preview
07. NIM. 7163141005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (380kB) | Preview
08. NIM. 7163141005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
12. NIM. 7163141005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (0B)
13. NIM. 7163141005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (659kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah prestasi belajar, kemandirian belajar, Bimbingan Belajar dan motivasi belajarekonomi siswa kelas XI IPS SMA Sinar Husni Medan T.A 2019/2020 yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar, bimbingan belajar dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPSSMA Sinar Husni Medan T.A 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah Expost Facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Sinar Husni Medan terdiri dari 4 kelas dengan jumlah124 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Proporsional Random Sampling dengan jumlah 95 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan pengamatan (observasi), dokumentasi dan angket (kuesioner). Uji validitas untuk butir angket menggunakan rumus Product Moment dan uji reliabilitasnya menggunakan rumusCronbach Alpha. Uji Asumsi Klasik yang digunakan adalah Uji Normalitas, Uji Linearitas dan Uji Multikolinearitas.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regresi Linear berganda dan untuk menguji hipotesis digunakan rumus Uji t dan Uji F.
Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan program SPSS 20, diperoleh persamaan regresi linier berganda Y = 15,772 +0,387 X1+0,293X2 +0,324 X3 + e.Analisis uji t untuk variabel Kemandirian belajar (X1) diperoleh thitung> ttabel (3,251>1,996) dengan nilai sig α< 0,05 atau 0,000< 0,05. Hal ini berarti Kemandirian belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Ekonomi (Y). Untuk variabel Bimbingan Belajar (X2) diperoleh thitung> ttabel (2,868>1,996) dengan nilai sig α < 0,05 atau 0,006< 0,05. Hal ini berarti Bimbingan Belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Ekonomi siswa. Untuk variabel Motivasi Belajar (X3) diperoleh thitung> ttabel (2,973>1,996) dengan nilai sig α < 0,05 atau 0,004< 0,05. Hal ini berarti MotivasiBelajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Ekonomi siswa.Selanjutnya untuk uji F dilakukan dengan membandingkan hasil antara Fhitung dengan Ftabel. Berdasarkan uji F diperoleh bahwa nilai Fhitung> Ftabel (58,921 > 3,10) dengan nilai sig α < 0,05 atau 0,000 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel Kemandirian belajar (X1), Bimbingan Belajar (X2) dan Motivasi Belajar (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Ekonomi (Y). Dari analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang berbunyi terdapat pengaruh antara Kemandirian Belajar, Bimbingan Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Sinar Husni Medan T.A 2019/2020 diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kemandirian belajar, Bimbingan Belajar, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Ekonomi. |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 19 Apr 2021 00:54 |
Last Modified: | 19 Apr 2021 00:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41843 |