PENGARUH LITERASI DIGITAL DAN SELF EFFICACY TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2017 UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

Santoso, Adhitia Elfian (2020) PENGARUH LITERASI DIGITAL DAN SELF EFFICACY TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2017 UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 7163341001 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 7163341001 COVER.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 716341001 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 716341001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (983kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 7163341001 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 7163341001 PREFACE.pdf - Published Version

Download (669kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 7163341001 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 7163341001 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (653kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 7163341001 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 7163341001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (721kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 7163341001 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 7163341001 TABLES.pdf - Published Version

Download (319kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 7163341001 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 7163341001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (317kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 7163341001 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 7163341001 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (318kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 7163341001 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 7163341001 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 7163341001 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 7163341001 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (686kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 7163341001 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 7163341001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (717kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu Indeks Prestasi Kumulatif mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Angkatan 2017 Universitas Negeri Medan belum memuaskan.
Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh jumlah mahasiswa program Studi Pendidikan Ekonomi Angkatan 2017 yang berjumlah 113 mahasiswa. Teknik pengumpulan sampel dalam penelitian ini menggunakan proportionate stratified random sampling dikarenakan teknik ini mengambil populasi tidak homogen dan berstrata secara operasional diperoleh sampel sebesar 89 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda dan untuk membuktikan kebenaran hipotesis menggunakan rumus Uji t dan Uji F.
Berdasarkan analisis data dengan menggunakan program SPSS 20 diperoleh persamaan analisis regresi linear berganda Y = 45,939 + 0,177X1 + 0,303X2 dengan hasil analisis uji t untuk variabel literasi digital diperoleh nilai thitung > ttabel (3,814 > 1,662) dan taraf signifikan α = 0,000 < 0,05. Hal ini berarti literasi digital memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa. Untuk variabel self efficacy diperoleh thitung > ttabel (6,964 > 1,662) dan taraf signifikan α = 0,000 < 0,05. Hal ini berarti self efficacy memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa. Dari hasil uji F diperoleh Fhitung > Ftabel (47,008 >3,10) dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa literasi digital (X1) dan self efficacy (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa (Y).
Berdasarkan analisis di atas dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara literasi digital dan self efficacy terhadap prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Angkatan 2017 diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Literasi Digital, Self Efficacy, Prestasi Belajar Mahasiswa
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC149 Literacy. Illiteracy
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 19 Apr 2021 00:54
Last Modified: 19 Apr 2021 00:54
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41841

Actions (login required)

View Item
View Item