Santoso, Adhitia Elfian (2020) PENGARUH LITERASI DIGITAL DAN SELF EFFICACY TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2017 UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7163341001 COVER.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
2. NIM. 716341001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (983kB) | Preview
3. NIM. 7163341001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (669kB) | Preview
4. NIM. 7163341001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (653kB) | Preview
5. NIM. 7163341001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (721kB) | Preview
6. NIM. 7163341001 TABLES.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
7. NIM. 7163341001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
8. NIM. 7163341001 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (318kB) | Preview
9. NIM. 7163341001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM. 7163341001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (686kB) | Preview
14. NIM. 7163341001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (717kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu Indeks Prestasi Kumulatif mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Angkatan 2017 Universitas Negeri Medan belum memuaskan.
Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh jumlah mahasiswa program Studi Pendidikan Ekonomi Angkatan 2017 yang berjumlah 113 mahasiswa. Teknik pengumpulan sampel dalam penelitian ini menggunakan proportionate stratified random sampling dikarenakan teknik ini mengambil populasi tidak homogen dan berstrata secara operasional diperoleh sampel sebesar 89 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda dan untuk membuktikan kebenaran hipotesis menggunakan rumus Uji t dan Uji F.
Berdasarkan analisis data dengan menggunakan program SPSS 20 diperoleh persamaan analisis regresi linear berganda Y = 45,939 + 0,177X1 + 0,303X2 dengan hasil analisis uji t untuk variabel literasi digital diperoleh nilai thitung > ttabel (3,814 > 1,662) dan taraf signifikan α = 0,000 < 0,05. Hal ini berarti literasi digital memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa. Untuk variabel self efficacy diperoleh thitung > ttabel (6,964 > 1,662) dan taraf signifikan α = 0,000 < 0,05. Hal ini berarti self efficacy memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa. Dari hasil uji F diperoleh Fhitung > Ftabel (47,008 >3,10) dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa literasi digital (X1) dan self efficacy (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa (Y).
Berdasarkan analisis di atas dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara literasi digital dan self efficacy terhadap prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Angkatan 2017 diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Literasi Digital, Self Efficacy, Prestasi Belajar Mahasiswa |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC149 Literacy. Illiteracy |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 19 Apr 2021 00:54 |
Last Modified: | 19 Apr 2021 00:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41841 |