MAHARANI, CATERINE (2020) PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA DAN FASILITAS BELAJAR DI RUMAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X SMK SWASTA JAMBI MEDAN T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7162143007 COVER.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
2. NIM. 7162143007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (716kB) | Preview
3. NIM. 7162143007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (352kB) | Preview
4. NIM. 7162143007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (571kB) | Preview
5. NIM. 7162143007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (562kB) | Preview
6. NIM. 7162143007 TABLES.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
7. NIM. 7162143007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
8. NIM. 7162143007 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
9. NIM. 7162143007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
13. NIM. 7162143007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (435kB) | Preview
14. NIM. 7162143007 BIBLI OGRAPHY.pdf - Published Version
Download (493kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini “ rendahnya prestasi belajar siswa “ kelas X BDP, OTKP 1, OTKP 2 siswa kelas X SMK Swasta Jambi Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh tingkat pendidikan orang tua dan fasilitas belajar di rumah terhadap prestasi belajar siswa kelas X BDP, OTKP 1, OTKP 2 SMK Swasta Jambi Medan.
Penelitian ini dilakukan di SMK Swasta Jambi Medan dengan populasi sebanyak 97 orang siswa dan sampel berjumlah 97 orang siswa yang diambil secara keseluruhan. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah daftar nilai raport siswa serta angket tingkat pendidikan orang tua dan fasilitas belajar di rumah dalam bentuk skala likert sebanyak masing-masing 25 item soal. Hasil analisis data menggunakan regresi linear berganda dan uji hipotesis dan disimpulkan bahwa tingkat pendidikan orang tua dan fasilitas belajar di rumah berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini dilihat dari hasil analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan 7,810 + 494 X1 + 408 X2 + e. Selanjutnya dilihat dari nilai signifikan antara tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan nilai thitung > ttabel dimana 4,776 > 1,985 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Begitu juga nilai signifikan antara fasilitas belajar di rumah terhadap prestasi belajar siswa dimana nilai thitung > ttabel dimana 4,534 > 1,985 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Secara simultan (uji f) ditunjukkan dengan nilai Fhitung > Ftabel 49,099 > 2,36 dan nilai signifikan 0,00 < 0,05. Sehingga dapat dikatakan bahwa hipotesis diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan tingkat pendidikan orang tua dan fasilitas belajar di rumah terhadap prestasi belajar siswa kelas X BDP, OTKP 1, OTKP 2 siswa kelas X SMK Swasta Jambi Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Tingkat Pendidikan Orang Tua, Fasilitas Belajar Di Rumah, Prestasi Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC37 Home education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Bisnis |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 16 Apr 2021 02:01 |
Last Modified: | 16 Apr 2021 02:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41825 |