Naibaho, Indahsari (2020) Kemampuan Menelaah Struktur dan Kebahasaan Tteks Fabel Siswa Kelas VII SMP N 1 Pematang Bandar Tahun Pembelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 2161111018 COVER.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
2. NIM 2161111018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (393kB) | Preview
3. NIM 2161111018 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
4. NIM 2161111018 PREFACE.pdf - Published Version
Download (352kB) | Preview
5. NIM 2161111018 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (367kB) | Preview
6. NIM 2161111018 TABLE .pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
7. NIM 2161111018 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
8. NIM 2161111018 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (478kB) | Preview
11. NIM 2161111018 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
12. NIM 2161111018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan menelaah struktur
dan kebahasaan teks fabel siswa kelas VII SMP N 1 Pematang Bandar.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 1 Pematang
Bandar tahun pembelajaran 2019/2020.Untuk penelitian tersebut, diambil
kelas VII-1 yang berjumlah 32 siswa melalui teknik random sampling.
Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif Kuantitatif. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi. Intrumen
penelitian yang digunakan adalah tes menelah teks fabel. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa kemampuan siswa kelas VII SMP N 1 Pematang Bandar
dalam menelaah teks fabel tergolong kedalam kategori baik dengan nilai ratarata
79. Hasil ini diperoleh berdasarkan aspek penilaian berupa aspek struktur
yang memperoleh nilai rata-rata (82) dengan kategori baik dan aspek
kebahasaan memperoleh nilai rata-rata (75) dengan kategori baik.
Berdasarkan tabel distribusi presentase nilai kemampuan menelaah teks fabel
siswa kelas VII SMP N 1 Pematang Bandar menunjukkan pada kategori
sangat baik (25%), kategori baik (63%), dan kategori cukup (12%). Melalui
penelitian ini diharapkan guru bahasa Indonesia dapat mengetahui
kemampuan siswa dalam menelaah khususnya dalam menelaah teks fabel.
Setelah mengetahui kemampuan siswa maka guru dapat lebih meningkatkan
efektivitas pembelajaran menelaah teks fabel.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kemampuan menelaah; Teks fabel; Siswa SMP kelas VII |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PN Literature (General) > PN3311 Prose. Prose fiction |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 28 Apr 2021 07:45 |
Last Modified: | 28 Apr 2021 07:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41810 |