SIAHAAN, MELDA GIOVANI (2020) PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 6 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7163342024 COVER.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
2. NIM 7163342024 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (635kB) | Preview
3. NIM 7163342024 PREFACE.pdf - Published Version
Download (648kB) | Preview
4. NIM 7163342024 ABTSRACT.pdf - Published Version
Download (387kB) | Preview
5. NIM 7163342024 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (401kB) | Preview
6. NIM 7163342024 TABLES.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
7. NIM 7163342024 ILLUSTRATIONS.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
8. NIM 7163342024 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
9. NIM 7163342024 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM 7163342024 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (405kB) | Preview
14. NIM 7163342024 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (405kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Kebiasaan belajar siswa cenderung kurang baik dan tidak benar dan Rendahnya motivasi belajar yang dimiliki siswa dalam mengikuti kegiatan belajar siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 6 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar akuntansi, 2) pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi, 3) pengaruh kebiasaan belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 6 Medan. Populasi penelitian ini berjumlah 108 siswa sedangkan sampel penelitian sebanyak 54 orang siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling.
Penelitian ini adalah penelitian Expost Facto, dimana untuk mendapatkan data penelitian digunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu regresi linear berganda. Uji yang digunakan yaitu uji asumsi klasik, uji koefisien determinasi (R2) serta uji hipotesis yang terdiri dari uji-t dan uji-f dengan menggunakan bantuan program SPSS Versi 20.00.
Hasil analisis data diperoleh persamaan regresi berganda yaitu Y = 41,483 + 0,225X1 + 0,428X2 + e. Hasil uji-t thitung= 4,748 dengan taraf α= 5% (0,000 < 0,05) diperoleh untuk hipotesis 1 dan untuk hipotesis 2 diperoleh t thitung=9,121 dengan taraf α= 5% (0,000 < 0,05). Sedangkan pengujian hipotesis secara simultan diperoleh Fhitung = 105,127 dengan taraf α= 5% (0,000 < 0,05) . Hasil uji determinasi (R2) adalah sebesar 0,805.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) ada pengaruh signifikan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar akuntansi, 2) ada pengaruh signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi, 3) ada pengaruh signifikan kebiasaan belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 6 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kebiasaan Belajar, Motivasi Belajar, Dan Prestasi Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 14 Apr 2021 22:32 |
Last Modified: | 14 Apr 2021 22:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41793 |