Yustiana, Ara (2020) Perbedaan Kemampuan Spasial dan Disposisi Belajar Matematis Pada Pembelajaran Realistic Mathematic Education dan Cooperative Learning. Masters thesis, UNIMED.
1. 8176172007 COVER.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
2. 8176172007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (511kB) | Preview
3. 8176172007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
4. 8176172007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (423kB) | Preview
5. 8176172007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
6. 8176182007 TABLES.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
7. 8176172007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
8. 8176172007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. 8176172007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (558kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan spasial siswa yang diajar melalui pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) dan kemampuan spasial siswa yang diajar melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD. (2) apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara disposisi matematis siswa yang diajar melalui pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) dan disposisi matematis siswa yang diajar melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD. (3) apakah terdapat interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal matematika siswa terhadap kemampuan spasial siswa. (4) apakah terdapat interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal matematika siswa terhadap disposisi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X MAN 2 Deli Serdang. Sampel penelitian diambil secara acak sehingga diperoleh dua kelas sampel. Kelas eksperimen I mendapat model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) dan kelas eksperimen II mendapat pembelajaran kooperatif tipe STAD. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan spasial dan angket disposisi belajar. Analisis data dilakukan dengan analisis varians dua jalur (ANAVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan spasial siswa yang diajar melalui pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) dan kemampuan spasial siswa yang diajar melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD. (2) terdapat perbedaan yang signifikan antara disposisi matematis siswa yang diajar melalui pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) dan disposisi matematis siswa yang diajar melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD. (3) terdapat interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal matematika siswa terhadap kemampuan spasial siswa. (4) terdapat interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal matematika siswa terhadap disposisi matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.72 Yus p |
Keywords: | spasial; disposisi matematis; Realistic Mathematic Education (RME); cooperative learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 06 Apr 2021 03:16 |
Last Modified: | 06 Apr 2021 03:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41729 |