Napitupulu, Intania (2019) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA MAHASISWA (LKM) BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS MATERI HUKUM MENDEL MENGGUNAKAN Drosophila sp PADA MAHASISWA BIOLOGI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. UNSPECIFIED thesis, UNIMED.
1. NIM 4153341020 COVER.pdf - Published Version
Download (461kB) | Preview
3. NIM 4153341020 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (730kB) | Preview
4. NIM 4153341020 PREFACE.pdf - Published Version
Download (837kB) | Preview
5. NIM 4153341020 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (744kB) | Preview
6. NIM 4153341020 TABLES.pdf - Published Version
Download (464kB) | Preview
7. NIM 4153341020 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (457kB) | Preview
8. NIM 4153341020 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (462kB) | Preview
9. NIM 4153341020 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM 4153341020 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (377kB) | Preview
14. NIM 4153341020 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja mahasiswa berbasis keterampilan proses sains pada materi Hukum Mendel yang valid dan efektif untuk digunakan dalam perkuliahan. Penelitian ini didesain menggunakan model pengembangan 4D yang diadaptasi dari Thiagarajan yang terdiri dari empat tahapan yaitu define, design, development dan disseminate. Pengembangan lembar kerja ini divalidasi oleh satu dosen ahli materi, satu dosen ahli keterampilan proses sains, satu dosen ahli desain grafis dan selanjutnya diberikan tanggapan oleh satu dosen bidang studi genetika dan mahasiswa Biologi Dik E 2017. Seluruh data diperoleh dari instrumen pengumpulan data dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kelayakan LKM berbasis keterampilan proses sains pada materi Hukum Mendel oleh tim validator mendapatkan kategori sangat layak. Pada penilaian tanggapan oleh dosen bidang studi genetika, LKM berbasis keterampilan proses sains pada materi Hukum Mendel mendapatkan kategori sangat baik, dan pada penilaian tanggapan oleh mahasiswa mendapatkan kategori sangat baik. Hasil analisis uji efektivitas menggunakan uji N-gain. Hasil penggunaan LKM berbasis Keterampilan proses sains materi Hukum Mendel berdasarkan skor N-gain menunjukkan keefektifan dengan kategori cukup efektif.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan, Keterampilan Proses Sains, Genetika. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 31 Mar 2021 08:14 |
Last Modified: | 31 Mar 2021 08:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41690 |