Suherman (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERBASIS EKSPERIMEN DALAM PEMBELAJARAN FISIKA. Masters thesis, UNIMED.
1. 8116176017 Judul.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
2. 8116176017 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
3. 8116176017 Abstrak.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4. 8116176017 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
5. 8116176017 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
6. 8116176017 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
7. 8116176017 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
8. 8116176017 Daftar Grafik.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
9. 8116176017 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
10. 8116176017 Bab I.pdf - Published Version
Download (750kB) | Preview
11. 8116176017 Bab V.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
12. 8116176017 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Fisika siswa dengan menggunakan model pembelajaran problem solving berbasis eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IA-1 SMA Negeri 1 Stabat berjumlah 38 orang terdiri dari 10 laki-laki dan 28 perempuan. Objek penelitian adalah proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran problem solving berbasis eksperimen. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas melalui dua siklus pembelajaran, setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil analisis data menyimpulkan ada peningkatan hasil belajar siswa pada ranah kognitif, ranah psikomotor, dan ranah afektif. Hasil belajar siswa pada ranah kognitif dari analisis data tes hasil belajar siklus I dengan nilai rata-rata pretes 57,26 dan nilai rata-rata postes 72,95 dengan N-gain sebesar 37% termasuk dalam kategori sedang pada siklus II meningkat dengan nilai rata-rata pretes 60,19 dan nilai rata-rata postes 77,30 dengan N-gain sebesar 43% termasuk dalam kategori sedang. Jumlah siswa yang tuntas belajar meningkat dari 24 (63,16%) siswa pada siklus I menjadi 33 (86,84%) siswa pada siklus II. Hasil belajar siswa pada ranah psikomotor dari analisis data lembar observasi diperoleh nilai rata-rata 72,11 termasuk dalam kriteria cukup pada siklus I meningkat menjadi 77,54 termasuk dalam kriteria baik pada siklus II. Ketuntasan klasikal pada siklus I hanya sebanyak 20 (52,63%) siswa pada siklus II meningkat menjadi 34 (89,47%) siswa. Hasil belajar siswa pada ranah afektif dari hasil analisis data lembar observasi afektif diperoleh nilai rata-rata 64,47 termasuk dalam kriteria cukup pada siklus I meningkat menjadi 75,09 termasuk dalam kriteria baik pada siklus II. Ketuntasan pada siklus I hanya 17(44,74%) siswa meningkat menjadi 36 (94,74%) siswa pada siklus II.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 2 Suh m |
Keywords: | Problem solving; Eksperimen; Teori Bruner; Fisika; Teori Vygotsky; Ranah kognitif; Ranah afektif; Psikomotoris |
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 08 May 2016 22:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4169 |