Penjelasan (2013) MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN FISIKA MELALUI BIMBINGAN TEKNIK KERJA KELOMPOK DI SUB RAYON 05 SMA NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 8106176016 Judul.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
2. 8106176016 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
3. 8106176016 Abstrak.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
4. 8106176016 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
5. 8106176016 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
6. 8106176016 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
7. 8106176016 Bab V.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
8. 8106176016 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme guru dalam melaksanakan pembelajaran Fisika melalui bimbingan teknik kerja kelompok di Sub Rayon 05 SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan. Subjek penelitian ini adalah guru-guru Fisika SMA yang termasuk dalam Sub Rayon 05 SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan yang berjumlah 15 orang. Metode penelitian yang diterapkan adalah Penelitian Tindakan Sekolah melalui dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) melalui penerapan bimbingan teknik kerja kelompok terhadap guru-guru Fisika di Sub Rayon 05 SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan, pengetahuan mereka tentang metode, strategi, model dan pendekatan pembelajaran yang termasuk dalam metode atau model inovasi pembelajaran Fisika mengalami peningkatan. (2) Ada peningkatan kemampuan guru-guru Fisika di Sub Rayon 05 SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan dalam mengimplementasikan model atau strategi pembelajaran inovatif dengan melaksanakan bimbingan teknik kerja kelompok. (3) Melalui penerapan bimbingan teknik kerja kelompok, terjadi peningkatan kemampuan guru-guru Fisika di Sub Rayon 05 SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sesuai dengan model atau strategi pembelajaran. (4) Ada peningkatan kemampuan guru-guru Fisika di Sub Rayon 05 SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan dalam membuat instrumen penilaian. Pada siklus pertama data kemampuan guru-guru Fisika di Sub Rayon 05 SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan dalam membuat instrumen penilaian memiliki kemampuan yang baik. Meskipun ada beberapa aspek penilaian yang perlu mendapat perhatian khusus. Sedangkan pada siklus kedua, data kemampuan guru-guru Fisika di Sub Rayon 05 SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan dalam membuat instrumen penilaian secara klasikal memiliki kemampuan yang sangat baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 2 Pen m |
Keywords: | Kerja kelompok; Silabus; Pembelajaran fisika; Profesionalisme guru |
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 08 May 2016 18:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4167 |