MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN FISIKA MELALUI BIMBINGAN TEKNIK KERJA KELOMPOK DI SUB RAYON 05 SMA NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN

Penjelasan (2013) MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN FISIKA MELALUI BIMBINGAN TEKNIK KERJA KELOMPOK DI SUB RAYON 05 SMA NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 8106176016 Judul.pdf]
Preview
Text
1. 8106176016 Judul.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 2. 8106176016 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. 8106176016 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (278kB) | Preview
[thumbnail of 3. 8106176016 Abstrak.pdf]
Preview
Text
3. 8106176016 Abstrak.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[thumbnail of 4. 8106176016 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
4. 8106176016 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[thumbnail of 5. 8106176016 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. 8106176016 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[thumbnail of 6. 8106176016 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
6. 8106176016 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 7. 8106176016 Bab V.pdf]
Preview
Text
7. 8106176016 Bab V.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[thumbnail of 8. 8106176016 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
8. 8106176016 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme guru dalam melaksanakan pembelajaran Fisika melalui bimbingan teknik kerja kelompok di Sub Rayon 05 SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan. Subjek penelitian ini adalah guru-guru Fisika SMA yang termasuk dalam Sub Rayon 05 SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan yang berjumlah 15 orang. Metode penelitian yang diterapkan adalah Penelitian Tindakan Sekolah melalui dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) melalui penerapan bimbingan teknik kerja kelompok terhadap guru-guru Fisika di Sub Rayon 05 SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan, pengetahuan mereka tentang metode, strategi, model dan pendekatan pembelajaran yang termasuk dalam metode atau model inovasi pembelajaran Fisika mengalami peningkatan. (2) Ada peningkatan kemampuan guru-guru Fisika di Sub Rayon 05 SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan dalam mengimplementasikan model atau strategi pembelajaran inovatif dengan melaksanakan bimbingan teknik kerja kelompok. (3) Melalui penerapan bimbingan teknik kerja kelompok, terjadi peningkatan kemampuan guru-guru Fisika di Sub Rayon 05 SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sesuai dengan model atau strategi pembelajaran. (4) Ada peningkatan kemampuan guru-guru Fisika di Sub Rayon 05 SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan dalam membuat instrumen penilaian. Pada siklus pertama data kemampuan guru-guru Fisika di Sub Rayon 05 SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan dalam membuat instrumen penilaian memiliki kemampuan yang baik. Meskipun ada beberapa aspek penilaian yang perlu mendapat perhatian khusus. Sedangkan pada siklus kedua, data kemampuan guru-guru Fisika di Sub Rayon 05 SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan dalam membuat instrumen penilaian secara klasikal memiliki kemampuan yang sangat baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 530.071 2 Pen m
Keywords: Kerja kelompok; Silabus; Pembelajaran fisika; Profesionalisme guru
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 08 May 2016 18:38
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4167

Actions (login required)

View Item
View Item