PENGARUH BERMAIN PESAN BERANTAI TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD SALSABILA KECAMATAN MEDAN MARELAN T.A 2019/2020 MEDAN

Putri, Mutiara Ernanda (2019) PENGARUH BERMAIN PESAN BERANTAI TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD SALSABILA KECAMATAN MEDAN MARELAN T.A 2019/2020 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 1141113020_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1141113020_COVER.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1141113020_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1141113020_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (299kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1141113020_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1141113020_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1141113020_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1141113020_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1141113020_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1141113020_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1141113020_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1141113020_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1141113020_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1141113020_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1141113020_BAB I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1141113020_BAB I.pdf - Published Version

Download (405kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 1141113020_BAB V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 1141113020_BAB V.pdf - Published Version

Download (320kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 1141113020_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 1141113020_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan
menyimak anak, dan metode pembelajaran yang digunakan guru kurang bervariasi
terutama dalam pembelajaran yang berhubungan dengan aspek berbahasa anak.
Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan
bermain terhadap keterampilan menyimak anak usia 5-6 tahun di PAUD
SALSABILA KECAMATAN MEDAN MARELAN T.A 2019/2020. Penelitian
ini dilakukan di kelas B2 sebagai kelas eksperimen yang ditentukan secara
random dengan jumlah sampel sebanyak 20 orang anak.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini
menggunakan metode eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan bentuk the
equivalen time samples design. Variabel bebas adalah kegiatan bermain pesan
berantai dan variabel terikat adalah kemampuan menyimak. Instrumen
pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Data analisis dengan
menggunakan metode deskriptif dan uji tes Q chocran,yang dilanjutkan dengan uji
signifikan pada taraf
Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kemampuan menyimak anak
berkembang dengan baik dan mengalami peningkatan ketika dibelajarkan dengan
pembelajaran menggunakan kegiatan bermain pesan berantai dibandingkan ketika
tidak diberikan dengan kegiatan bermain pesan berantai, dilihat dari uji test Q
chocran diperoleh Qhitung > X²tabel yaitu 26,465 > 19,625 pada taraf .
Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa kegiatan bermain pesan berantai
memiliki pengaruh signifikan terhadap keteramipilan menyimak anak usia 5-6
tahun di PAUD SALSABILA KECAMATAN MEDAN MARELAN Tahun
Ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: the equivalen time samples design; kemampuan menyimak
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P99.5 Nonverbal communication
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 12 Apr 2021 05:03
Last Modified: 12 Apr 2021 05:03
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41656

Actions (login required)

View Item
View Item