Putri, Mutiara Ernanda (2019) PENGARUH BERMAIN PESAN BERANTAI TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD SALSABILA KECAMATAN MEDAN MARELAN T.A 2019/2020 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1141113020_COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. NIM. 1141113020_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
3. NIM. 1141113020_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
4. NIM. 1141113020_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
5. NIM. 1141113020_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
6. NIM. 1141113020_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
7. NIM. 1141113020_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8. NIM. 1141113020_BAB I.pdf - Published Version
Download (405kB) | Preview
12. NIM. 1141113020_BAB V.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
13. NIM. 1141113020_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan
menyimak anak, dan metode pembelajaran yang digunakan guru kurang bervariasi
terutama dalam pembelajaran yang berhubungan dengan aspek berbahasa anak.
Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan
bermain terhadap keterampilan menyimak anak usia 5-6 tahun di PAUD
SALSABILA KECAMATAN MEDAN MARELAN T.A 2019/2020. Penelitian
ini dilakukan di kelas B2 sebagai kelas eksperimen yang ditentukan secara
random dengan jumlah sampel sebanyak 20 orang anak.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini
menggunakan metode eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan bentuk the
equivalen time samples design. Variabel bebas adalah kegiatan bermain pesan
berantai dan variabel terikat adalah kemampuan menyimak. Instrumen
pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Data analisis dengan
menggunakan metode deskriptif dan uji tes Q chocran,yang dilanjutkan dengan uji
signifikan pada taraf
Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kemampuan menyimak anak
berkembang dengan baik dan mengalami peningkatan ketika dibelajarkan dengan
pembelajaran menggunakan kegiatan bermain pesan berantai dibandingkan ketika
tidak diberikan dengan kegiatan bermain pesan berantai, dilihat dari uji test Q
chocran diperoleh Qhitung > X²tabel yaitu 26,465 > 19,625 pada taraf .
Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa kegiatan bermain pesan berantai
memiliki pengaruh signifikan terhadap keteramipilan menyimak anak usia 5-6
tahun di PAUD SALSABILA KECAMATAN MEDAN MARELAN Tahun
Ajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | the equivalen time samples design; kemampuan menyimak |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P99.5 Nonverbal communication |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 12 Apr 2021 05:03 |
Last Modified: | 12 Apr 2021 05:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41656 |