Hasibuan, Mutia Harum (2020) Pengaruh Sertifikasi Guru Terhadap Kesiapan Mengajar dan Kualitas Pembelajaran Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Negeri Se-Kota Medan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1). NIM 7163144026 COVER.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
2). NIM 7163144026 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (352kB) | Preview
3). NIM 7163144026 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (355kB) | Preview
4). NIM 7163144026 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
5). NIM 7163144026 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
6). NIM 7163144026 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
7). NIM 7163144026 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
8). NIM 7163144026 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
9). NIM 7163144026 BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version
Download (525kB) | Preview
13). NIM 7163144026 BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
14). NIM 7163144026 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (348kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh sertifikasi
guru terhadap kesiapan mengajar dan kualias pembelajaran jurusan administrasi
perkantoran SMK Negeri Se-Kota Medan.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang dilaksanakan di
SMK Negeri jurusan administrasi perkantoran di kota Medan yaitu SMK Negeri
1 Medan, SMK Negeri 6 Medan dan SMK Negeri 7 Medan. Populasi dan sampel
pada penelitian ini adalah 31 guru bersertifikat. Teknik pengambilan sampel yang
dilakukan adalah total sampling dimana keseluruhan populasi dijadikan sampel.
Sertifikasi guru, kesiapan mengajar dan kualitas pembelajaran diukur dengan
skala likert 1-5. Sebelum digunakan untuk mengumpulkan data, instrumen
penelitian terlebih dahulu diuji validitas butir angket pernyataan dan reliabilitas
instrumen dengan metode cronbach alpha dengan hasil untuk reliabilitas
sertifikasi rhitung > rtabel yaitu sebesar (0,880 > 0,355). Untuk Kesiapan
Mengajar rhitung > rtabel yaitu sebesar (0,922 > 0,355). Dan untuk Kualitas
Pembelajaran rhitung > rtabel yaitu sebesar (0,933 > 0,355).
Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji t pada taraf signifikan alpha
5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) sertifikasi guru berpengaruh positif
dan signifikan terhadap kesiapan mengajar (thitung > ttabel), yaitu (2,567 > 1.70113)
dengan nilai sig (0,012 < 0,05) ; (2) sertifikasi guru berpengaruh positif dan
signifikan terhadap kualitas pembelajaran thitung > ttabel yaitu (2,914 > 1.70113)
dengan nilai sig (0,007 < 0,05) (3) Kesiapan berpengaruh positif dan signifikan
terhadap kualitas pembelajaran thitung > ttabel (2,019 > 1.70113) dan nilai sig (0,043 <
0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa sertifikasi guru berpengaruh positif dan
signifikan terhadap variabel kesiapan mengajar dan kualitas pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Sertifikasi; kesiapan mengajar; kualitas pembelajaran |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1771 Certification of teachers |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 12 Apr 2021 05:03 |
Last Modified: | 12 Apr 2021 05:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41655 |