Halim, Abdul (2020) Pengaruh Model Pembelajaran PBL Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMKN 5 Medan Pada Pokok Bahasan Sistem Bahan Bakar Bensin. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.5162122004 COVER.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
2. NIM.5162122004 APPROVAL. SHEET.pdf - Published Version
Download (771kB) | Preview
3. NIM.5162122004 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
4. NIM.5162122004 PERFACE.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
5. NIM.5162122004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
6. NIM.5162122004 TABLE.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
7. NIM.5162122004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
8. NIM.5162122004 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
9. NIM.5162122004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (523kB) | Preview
13. NIM.5162122004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
14. NIM.5162122004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (390kB) | Preview
Abstract
Rendahnya hasil belajar siswa dan proses pembelajaran yang kurang menarik menjadi masalah saat proses belajar mengajar berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran PBL lebih tinggi dari pada model pembelajaran DI pada materi Sistem Bahan Bakar Bensin. Sampel penelitian adalah dua kelas XI TKR SMK Negeri 5 Medan yang dipilih dengan teknik random sampling yaitu kelas eksperimen I menggunakan model PBL, sedangkan kelas eksperimen II menggunakan model pembelajaran DI. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda berjumlah 20 soal. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai hasil belajar siswa pada kelas eksperimen I yaitu sebesar 73,65 dan pada kelas eksperimen II yaitu sebesar 63,84. Hasil uji normalitas terhadap data hasil belajar di kelas eksperimen yaitu 8,55 dan 4,1 maka χ2 hitung < χ2 tabel (11,07) yang berarti kedua kelas terdistribusi normal. Untuk hasil uji homogenitas terhadap data hasil belajar di kedua kelas eksperimen yaitu 1,1 maka Fhit < Ftabel (1,67) yang berarti kedua kelas adalah homogen. Hasil uji hipotesis I menunjukkan thitung > ttabel (12,11 > 1,676 ), berarti Ho ditolak dan Ha diterima yaitu hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran PBL lebih tinggi dibanding hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran DI pada pokok bahasan sistem bahan bakar bensin.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2021-OTM-013 |
Keywords: | Problem based learning; Hasil belajar; Sistem bahan bakar bensin |
Subjects: | T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL1 Motor vehicles. Cycles |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 29 Mar 2021 07:51 |
Last Modified: | 29 Mar 2021 07:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41649 |