NGUYUN, APRILLA (2020) ANALISIS KREATIVITAS GURU DALAM PENERAPAN E-LEARNING DI SD PLUS JABAL RAHMAH MULIA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1161111066_COVER.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
2. NIM. 1161111066_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 1161111066_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (416kB) | Preview
4. NIM. 1161111066_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
5. NIM. 1161111066_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (628kB) | Preview
6. NIM. 1161111066_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (355kB) | Preview
7. NIM. 1161111066_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (353kB) | Preview
8. NIM. 1161111066_DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (355kB) | Preview
9. NIM. 1161111066_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (354kB) | Preview
10. NIM. 1161111066_BAB I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
14. NIM. 1161111066_BAB V.pdf - Published Version
Download (628kB) | Preview
15. NIM. 1161111066_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (972kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena berubahnya proses pembelajaran dari yang semula proses belajar dilaksanakan tatap muka, kini menggunakan e-learning sebagai proses belajar mengajar jarak jauh. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kreativitas guru dalam penerapan e-learning di SD Plus Jabal Rahmah Mulia Medan.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain deskriptif. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket terdiri dari 36 pernyataan yang sudah divalidkan dengan ahli dan disebar ke guru. Sampel dalam penelitian diambil dengan teknik total sampling dengan jumlah 36 guru kelas SD Plus Jabal Rahmah Mulia Medan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah rata-rata dan deskripsi persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: kreativitas guru dalam penerapan e- learning di SD Plus Jabal Rahmah Mulia Medan masuk dalam kategori tinggi dengan perolehan persentase 71,89%, adapun rincian tiap indikator sebagai berikut: (a) indikator penguasaan iptek dengan persentase 72,1% masuk dalam kategori tinggi; (b) indikator inovatif dalam menyajikan materi dengan persentase 64,16% masuk dalam kategori tinggi; (c) indikator mampu meningkatkan motiasi belajar siswa dengan persentase 82,67% masuk dalam kategori sangat tinggi; (d) indikator tepat dalam pemilihan bahan ajar daring dengan persentase 70,85% masuk dalam kategori tinggi; (e) indikator mampu desain pembelajaran daring dengan persentase 71,67% masuk dalam kategori tinggi; (f) indikator mampu mengontrol proses pembelajaran daring dengan persentase 68,75% masuk dalam kategori tinggi; dan (g) indikator sarana dan prasarana dengan persentase 73,4% masuk dalam kategori tinggi. Dapat disimpulkan bahwa analisis kreativitas guru dalam penerapan e-learning di SD Plus Jabal Rahmah Mulia Medan sudah tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Analisis, Kreativitas, E-Learning. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 29 Mar 2021 03:40 |
Last Modified: | 29 Mar 2021 03:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41636 |