Ritonga, Mohd. Zulfachri Fadli (2020) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Macromedia Flash untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas X SMA. Masters thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 8176172033 COVER.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
2. NIM 8176172033 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (577kB) | Preview
3. NIM 8176172033 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
4. NIM 8176172033 PREFACE.pdf - Published Version
Download (356kB) | Preview
5. NIM 8176172033 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
6. NIM 8176172033 TABLES.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
7. NIM 8176172033 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
8. NIM 8176172033 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (920kB) | Preview
12. NIM 8176172033 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (560kB) | Preview
13. NIM 8176172033 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (506kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis validitas perangkat pembelajaran berorientasi model pembelajaran berbasis masalah berbantuan macromedia flash yang di kembangkan terhadap peningkatkan kemampuan literasi matematika siswa, (2) Menganalisis kepraktisan perangkat pembelajaran berorientasi model pembelajaran berbasis masalah berbantuan macromedia flash yang di kembangkan terhadap peningkatkan kemampuan literasi matematika siswa, (3) Menganalisis keefektifan perangkat pembelajaran berorientasi model pembelajaran berbasis masalah berbantuan macromedia flash yang di kembangkan terhadap peningkatkan kemampuan literasi matematika siswa, dan (4) Menganalisis peningkatan kemampuan literasi matematika siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran berorientasi model pembelajaran berbasis masalah berbantuan macromedia flash yang telah di kembangkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4-D. Dari hasil uji coba I, uji coba II dan tahap penyebaran diperoleh: (1) Validitas perangkat pembelajaran menurut tim ahli adalah valid; (2) Perangkat pembelajaran memenuhi kriteria praktis yaitu a) Respon Tim ahli terhadap perangkat pembelajaran dapat digunakan dengan sedikit revisi atau tanpa revisi b)Penilaian observer pada lembar Observasi keterlaksanaan perangkat pembelajaran yang dinyatakan dengan kategori sangat baik, (3) Perangkat pembelajaran memenuhi kriteria efektif yaitu a) ketuntasan belajar siswa secara klasikal telah tercapai pada uji coba II yaitu 88,89% dan tahap penyebaran yaitu 91,67%, b) Tujuan pembelajaran yang dirumuskan telah tercapai, c) siswa memberi respon positif terhadap perangkat pembelajaran, d) Alokasi waktu tidak melebihi pembelajaran biasa; dan (4) Kemampuan literasi matematika menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan meningkat, ditinjau dari Skor N-Gain Tes Kemampuan Literasi Matematika mengalami peningkatan pada Uji coba I meningkat 0,39 dengan kriteria sedang, pada Uji coba II meningkat 0,44 dengan kriteria sedang dan pada tahap penyebaran meningkat 0,51 dengan kategori sedang.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.72 Rit p |
Keywords: | Pengembangan Perangkat Pembelajaran; Model Pembelajaran Berbasis Masalah; Kemampuan Literasi Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA75.5 Electronic computers. Computer science |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2021 08:51 |
Last Modified: | 19 May 2021 21:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41622 |