Samosir, Maria Theresia (2020) Analisis Kesulitan Guru Dalam Mengajar Di Tengah Pandemi Covid-19 Di SD Gugus 35 Kecamatan Onanrunggu Kabupaten Samosir T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1163111040_COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. NIM. 1163111040_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
3. NIM. 1163111040_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
4. NIM. 1163111040_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
5. NIM. 1163111040_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
6. NIM. 1163111040_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 1163111040_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM. 1163111040_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 1163111040_BAB I.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
13. NIM. 1163111040_BAB V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
14. NIM. 1163111040_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kesulitan Guru dalam
mengajar di tengah pandemi covid-19 di SD gugus 35 Kecamatan Onanrunggu
Kabupaten Samosir.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah
dengan penggunaan angket/kuesioner. Subjek dalam penelitian ini yakni seluruh
guru SD Negeri 12 Pakpahan, SD Negeri 16 Pakpahan, SD Negeri 6
Onanrunggu, dan SD SW Santo Paulus Onanrunggu yang berjumlah 30 guru.
Analisis terhadap angket atau kuesioner dilakukan dengan sistem skala Guttman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Analisis Kesulitan Guru Dalam
Mengajar Di Tengah Pandemi Covid-19 Di SD Gugus 35 Kecamatan
Onanrunggu yaitu dalam faktor internal Indikator guru berdasarkan perhitungan
skor perolehan/skor maksimal diperoleh rata-rata 0,60 yang dipersentasekan
menjadi 60,33% sehingga dikategorikan masuk interpretasi tinggi. Indikator siswa
berdasarkan perhitungan skor perolehan/skor maksimal diperoleh rata-rata
indikator 0,86 yang dipersentasekan menjadi 86,66% sehingga dikategorikan
masuk interpretasi sangattinggi. Indikator Lingkungan berdasarkan perhitungan
skor perolehan/skor maksimal diperoleh rata-rata 0,37 yang dipersentasekan
menjadi 37,40% sehingga dikategorikan masuk interpretasi cukup. Indikator
materiberdasarkan perhitungan skor perolehan/skor maksimal diperoleh ratarata0,55
yang dipersentasekan menjadi 55%, sehingga dikategorikan masuk
interpretasi tinggi. Kemudian berdasarkantotal jumlah perolehan semua indikator
diperoleh rata-rata 0,58 dengan persentase 58,89% dan dikategorikan Tinggi.
Hal ini menunjukkan bahwa guru SD Negeri 12 Pakpahan, SD Negeri 16
Pakpahan, SD Negeri 6 Onanrunggu, dan SD SW Santo Paulus Onanrunggu yang
berjumlah 30 guru mengalami kesulitan tinggi dalam mengajar di tengah
pandemiCovid-19.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Analisis; Kesulitan Mengajar; Guru |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2832 Teaching personnel |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 08 Apr 2021 08:36 |
Last Modified: | 08 Apr 2021 08:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41616 |