Anggraini, Ulan (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Dengan Aplikasi SketchUP Pada Mata Pembelajaran Konstruksi dan Utilitas Gedung Kelas XI Program Keahlian Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan Di SMK Negeri 5 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5162111008 COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM. 5162111008 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (434kB) | Preview
3. NIM. 5162111008 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
4. NIM. 5162111008 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
5. NIM. 5162111008 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
6.NIM 5162111008 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
7. NIM. 5162111008 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
8. NIM. 5162111008DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 5162111008 BAB I.pdf - Published Version
Download (494kB) | Preview
13. NIM. 5162111008 BAB V.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
14. NIM. 5162111008 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1)Menghasilkan media pembelajaran video animasi dengan sketchUP yang layak digunakan pada mata pelajaran KdUG dan (2)Mengetahui keefektifan media pembelajaran video animasi dengan sketchUP pada mata pelajaran KdUG untuk siswa kelas XI Program Keahlian DPIB di SMK Negeri 5 Medan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D (Four–D), tahapan yaitu: Define, Design, Develop, dan Disseminate. Untuk mengetahui kelayakan produk media pembelajaran menggunakan angket penilaian ahli media, ahli materi, dan uji coba kelompok kecil. Sedangkan untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran, menggunakan instrumen tes hasil belajar siswa. Berdasakan hasil penelitian diketahui bahwa produk media pembelajaran berupa video animasi yang disajikan dalam Powerpoint. Penilaan dari ahli media dikategorikan “sangat layak” yaitu 80%. Penilaian dari ahli materi 1 yaitu 85,3% dan ahli materi 2 86,7% dikategorikan “sangat layak”. Hasil dari uji coba kelompok kecil yang dilakukan siswa didapatkan persentase 90,2% dikategoroikan “sangat layak”. Sedangkan Tes hasil belajar secara daring dengan google formulir dilakukan pada 31 siswa kelas XI DPIB-2 SMK Negeri 5 Medan memperoleh, peningkatan hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran video animasi. Dengan jumlah rata – rata pre-test yang lebih rendah dibanding post-test yaitu 61 < 85, menggunakan analisis uji N-Gain sebesar 0,62 dikategorikan “sedang” atau “efektif”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2021-BAN-020 |
Keywords: | Media pembelajaran; Video animasi; Sketchup; Utilitas gedung |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 23 Mar 2021 08:18 |
Last Modified: | 23 Mar 2021 08:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41591 |