Widodo, Sukardi (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP PENGETAHUAN KONSEPTUAL SISWA PADA MATERI POKOK ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE DI KELAS XI SEMESTER I SMA NEGERI 1 SUNGGAL T.P. 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.4152121042 COVER.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
2. NIM.4152121042 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (573kB) | Preview
3. NIM.4152121042 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (438kB) | Preview
4. NIM. 4152121042 PREFACE.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
5. NIM. 4152121042 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (821kB) | Preview
6. NIM. 4152121042 TABLES.pdf - Published Version
Download (343kB) | Preview
7. NIM. 4152121042 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (339kB) | Preview
8. NIM. 4152121042 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (355kB) | Preview
9. NIM. 4152121042 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
13. NIM 4152121042 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (550kB) | Preview
14. NIM. 4152121042 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inquiry Training berbantuan macromedia flash terhadap pengetahuan konseptual siswa pada materi pokok elastisitas dan hukum hooke di kelas XI semester I SMA Negeri 1 Sunggal T.P. 2019/2020
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI semester I SMA Negeri 1 Sunggal yang terdiri dari 6 kelas. Dengan teknik random sampling terpilih kelas XI MIPA 6 sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan pembelajaran konvensional dan XI MIPA 5 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan pembelajaran Inquiry Training berbantuan Macromedia Flash. Jumlah siswa kedua kelas sama yaitu 30 siswa, total sampel 60 siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes soal pilihan berganda sebanyak 15 soal dengan 5 pilihan jawaban yang telah dinyatakan valid oleh validator.
Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai pretes kelas eksperimen 46,39 dan kelas kontrol 41,29. Pada pengujian normalitas dan homogenitas kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Dari hasil uji beda nilai kedua kelas untuk pretes diperoleh thitung= 1,42 dan ttabel = 2,002 karena thitung < ttabel, maka dapat dinyatakan bahwa kemampuan awal siswa kedua kelas sampel sama. Setelah dilakukan perlakuan pada masing – masing kelas diperoleh nilai rata-rata postes kelas eksperimen 77,14 dan kelas kontrol 70,035. Pada pengujian normalitas dan homogenitas diperoleh bahwa data postes berdistribusi normal dan variansnya homogen. Dari hasil uji beda nilai kedua kelas diperoleh thitung= 2,98 dan ttabel= 1,68 untuk = 0,05 dan dk = 58. Karenathitung > ttabel maka Ha diterima yang berarti bahwa ada pengaruh model pembelajaran Inquiry Training berbantuan macromedia flash terhadap pengetahuan konseptual siswa pada materi pokok elastisitas dan hukum hooke di kelas XI semester I SMA Negeri 1 Sunggal T.P. 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 23 Mar 2021 08:01 |
Last Modified: | 23 Mar 2021 08:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41586 |