Ginting, Febe Karen Rehulina Br. (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Pada Materi Laju Reaksi. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4173131014 COVER.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
2. NIM 4173131014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
3. NIM 4173131014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
4. NIM 4173131014 PREFACE.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
5. NIM 4173131014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
6. NIM 4173131014 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
7. NIM 4173131014 TABLES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM 4173131014 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
9. NIM 4173131014 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
13. NIM 4173131014 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
14. NIM 4173131014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis android yang dikembangkan berdasarkan standar BSNP dan mengetahui hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan media pembelajaran interaktif pada materi laju reaksi yang telah dikembangkan lebih tinggi dari nilai KKM. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XII MIA SMA Negeri 1 Pancurbatu. Sampel penelitian adalah 1 kelas XII MIA sebagai kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan media pembelajaran interaktif berbasis android. Penelitian ini dilakukan dengan metode pembelajaran remedial untuk melatih kembali tingkat pemahaman siswa pada materi Laju Reaksi. Instrumen yang digunakan adalah soal test sebanyak 20 soal yang telah teruji valid dan instrument non tes angket kelayakan media berdasarkan standar BSNP. Data kelayakan media dianalisis secara deskriptif, sedangkan data hasil belajar dianalisis secara statistik dengan uji t satu pihak, pihak kanan. Berdasarkan hasil analisis data, media pembelajaran interaktif berbasis android yang dikembangkan telah memenuhi standar kelayakan BSNP dengan rata-rata kelayakan isi sebesar 3,66, kelayakan bahasa 3,66, kelayakan penyajian 3,80, dan kelayakan kegrafikan 3,71 dengan kriteria valid dan tidak perlu revisi. Hasil uji t menunjukkan bahwa nilai t hitung > t tabel (3,28 >1,714), berarti Ho ditolak dan Ha diterima , yang berarti hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan media pembelajaran interaktif berbasis android lebih tinggi dari nilai KKM.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2021-KIM-036 |
Keywords: | Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android; Hasil Belajar; Laju Reaksi; Pembelajaran Remedial |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 23 Mar 2021 04:07 |
Last Modified: | 23 Mar 2021 04:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41567 |