Novita, Dewi (2020) HUBUNGAN KREATIVITAS BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA PADA SISWA KELAS X TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5161131009 COVER.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
2. NIM. 5161131009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (977kB) | Preview
3. NIM. 5161131009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
4. NIM. 5161131009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
5. NIM. 5161131009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
9. NIM. 5161131009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
13. NIM. 5161131009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
14. NIM. 5161131009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan kreativitas belajar terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran dasar listrik dan elektronika; (2) hubungan minat belajar terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran dasar listrik dan elektronika; (3) hubungan kreativitas belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran dasar listrik dan elektronika.
Metode penelitian yang digunakan yaitu ex post facto. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 210 responden dengan sampel sebanyak 138 responden yang diambil melalaui teknik Simple Random Sampling. Uji Prasyarat yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji koefisien determinasi (R2). Uji hipotesis meliputi analisis korelasi sederhana, analisis regresi berganda, Uji parsial (t) dan analisis koefisien bersama (uji F). Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi dan penyebaran angket. Angket penelitian terlebih dahulu diuji validitas dan realiabilitas. Kemudian data yang terkumpul diolah dengan bantuan software SPSS versi 20.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Ada hubungan positif dan signifikan antara kreativitas belajar dengan hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan nilai (thitung > ttabel) yaitu 8,736 > 1,9773. Besarnya hubungan efektif kreativitas belajar sebesar 29,8%. 2) Ada hubungan positif dan signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar yang ditunjukkan dengan nilai (thitung > ttabel) yaitu 8,354 > 1,9773. Besarnya hubungan efektif minat belajar sebesar 26,4%. 3) Ada hubungan positif dan signifikan antara kreativitas belajar dan minat belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar sebesar 56,2% sedangkan 43,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Hal ini ditunjukkan dengan nilai (Fhitung > Ftabel) yaitu 57,100 > 3,06.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 ELK 008 |
Keywords: | Kreativitas belajar; Minat belajar; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 23 Mar 2021 04:16 |
Last Modified: | 23 Mar 2021 04:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41565 |