Buulolo, Elis Mawati (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Makromedia Flash Model Kooperatif Tipe STAD Pada Materi Laju Reaksi Kelas XI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4173331017 COVER.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
2. NIM. 4173331017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
3. NIM. 4173331017 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
4. NIM. 4173331017 PREFACE.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
5. NIM. 4173331017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
6. NIM 4173331017 TABLES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
7. NIM. 4173331017 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
8. NIM. 4173331017 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
9. NIM. 4173331017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
13. NIM. 4173331017 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
14. NIM. 4173331017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau research and development (R&D). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan yang dibelajarkan dengan model Kooperatif tipe STAD menggunakan media Handout dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model kooperatif tipe STAD menggunakan media Makromediaflash pada materi laju reaksi, mengetahui hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model kooperati tipe STAD menggunakan media Makromedia Flash dan Handout lebih tinggi dari KKM. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Imelda Medan. Sampel kelas diambil secara total sampling. Instrumen yang digunakan terdiri dari intrumen tes berupa soal pilihan ganda terkait materi laju reaksi dan instrumen non tes pengujian kelayakan media berupa lembar validasi berdasarkan BSNP. Hasil penelitian diperoleh data uji coba
kelayakan media dengan nilai rata-rata pada aspek kelayakan isi sebesar 3,81, kelayakan bahasa sebesar 3,96, kelayakan penyajian sebesar 3,93 dan kelayakan kegrafikan sebesar 3,96. Berdasarkan hasil uji statistik menggunakan SPSS 25 For Windows, data pretest dan postest pada kedua kelas eksperimen berdistribusi normal dan homogen. Untuk pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t dua pihak sehingga diperoleh kesimpulan adanya perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan yang dibelajarkan dengan model Kooperatif tipe STAD menggunakan media Handout
diperoleh hasil 78,67dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model kooperatif tipe STAD menggunakan media Makromedia flash diperoleh hasil 85,73sehingga hasil belajar kedua kelas tersebut lebih besar dari KKM.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2021-KIM-030 |
Keywords: | Makromedia Flash; Handout; Kooperatif Tipe STAD; Laju Reaksi; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 23 Mar 2021 03:44 |
Last Modified: | 23 Mar 2021 03:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41561 |