Hamzah, Zulkifli (2013) HUBUNGAN ANTARA IKLIM SEKOLAH DAN GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DENGAN EFEKTIVITAS SEKOLAH PADA MTS SUB RAYON XXVI KABUPATEN SIMALUNGUN. Masters thesis, UNIMED.
1. 8106132049 Judul.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
2. 8106132049 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
3. 8106132049 Abstrak.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
4. 8106132049 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
5. 8106132049 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
6. 8106132049 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
7. 8106132049 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
8. 8106132049 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
9. 8106132049 Bab I.pdf - Published Version
Download (667kB) | Preview
10. 8106132049 Bab V.pdf - Published Version
Download (424kB) | Preview
11. 8106132049 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
Abstract
Efektivitas sekolah berkaitan erat dengan persyaratan komponen-komponen sistem dengan mutu, dengan kata lain ditetapkannya pengembangan sekolah yang berkualitas. Salah satu faktor penting adalah seberapa besar kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan iklim sekolah dalam meningkatkan efektivitas sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar kontribusi kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan iklim sekolah terhadap peningkatan efektivitas sekolah, khususnya MTs XXVI Sub Rayon Kabupaten Simalungun. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dan metode deskriptif dengan menggunakan teknik angket (kuisioner). Instrumen penelitian berupa angket dengan skala likert. Populasi penelitian berjumlah 125 orang, sedangkan sampel diambil secara random berjumlah 77 orang guru yang tersebar pada 23 SMP Negeri se-Kabupaten Simalungun. Teknik analisis data yang digunakan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional kepala sekolah pada SMP Negeri se-Kabupaten Simalungun berada pada kategori kuat, Iklim Sekolah dikategorikan baik, dan efektivitas sekolah dikategorikan tinggi. Kontribusi antara kepemimpinan transformasional kepala sekolah (X1) dengan efektivitas sekolah (Y) sebesar r2 = 0,634 (63,4%). Perubahan efektivitas sekolah Ŷ = 28,863 + 0,731 X1. Kontribusi antara iklim sekolah (X2) dengan efektivitas sekolah (Y) sebesar r2 = 0,393 (39,3%). Perubahan efektivitas sekolah Ŷ = 37,824 + 0,671 X2. Kontribusi antara kepemimpinan transformasional kepala sekolah (X1), dan iklim sekolah (X2) secara simultan dengan efektivitas sekolah (Y) sebesar R2 = 0,697 (69,7%), sedangkan sisanya sebesar 30,3% kontribusi dari faktor lain. Perubahan efektivitas sekolah Ŷ = 12,288 + 0,592 X1 + 0,314 X2. Untuk mencapai sasaran sekolah yang berkualitas, maka peningkatan efektivitas sekolah yang secara positif dipengaruhi oleh dua faktor determinan secara bersama-sama, yaitu kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan iklim sekolah. Saran/Rekomendasi: (1) Untuk kepala sekolah pada SMP Negeri se-Kabupaten Simalungun; (a) Peningkatan efektivitas sekolah terutama pada dimensi komitmen yang tinggi dari SDM sekolah terhadap program pendidikan, dan (b) Peningkatan kepekaan individu dengan lebih mengapresiasi gagasan atau pendapat yang diberikan oleh guru; (2) Bagi peneliti selanjutnya layaklah dilakukan penelitian tentang faktor yang mempengaruhi efektivitas sekolah dengan mengkaji variabel lainnya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.202 Ham h |
Keywords: | Iklim sekolah; Gaya kepemimpinan; Kepala sekolah; Efektivitas sekolah; Kendali bebas; Otoriter; Demokratis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 02 May 2016 23:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4156 |