Simanullang, Pardomuan (2020) Pengembangan Model Pembelajaran Budi Pekerti Berbasis Budaya Batak Toba Untuk Membentuk Karakter Siswa. Doctoral thesis, UNIMED.
1. NIM 8156124011 COVER.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
2. NIM. 8156124011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
3. NIM 8156124011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
4. NIM 8156124011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
5. NIM 8156124011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
6. NIM 8156124011 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
7. NIM 8156124011 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (355kB) | Preview
8. NIM 8156124011 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
9. NIM 8156124011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (999kB) | Preview
13. NIM 8156124011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (473kB) | Preview
14. NIM 8156124011 BIBILIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan Model pembelajaran Budi Pekerti Berbasis Budaya Batak Toba yang layak digunakan sehingga dapat membentuk karakter siswa Kelas IV Sekolah Dasar Kabupaten Humbang Hasundutan; dan Model pembelajaran Budi Pekerti Berbasis Budaya Batak Toba yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas IV Sekolah Dasar Kabupaten Humbang Hasundutan. Subjek dalam penelitian ini adalah guru-guru SD Negeri Humbahas serta siswa sebanyak 22 sekolah sebagai uji coba penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: terdapat model pembelajaran Budi Pekerti Berbasis Budaya Batak Toba yang dikembangkan valid dan efektif, Hasil Belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Budi Pekerti Berbasis Budaya Batak Toba adalah dari persentase pencapaian Hasil Belajar meningkat menjadi 91.67%; dan rata-rata respon siswa tentang seberapa pentingnya nilai-nilai pendidikan karakter sebesar 91% sudah melebihi batas minimal yang di tentukan yaitu sebesar ≥ 80%. Hal ini menunjukkan bahwa siswa sudah mempunyai respon positif terhadap nilai-nilai pendidikan karakter
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Additional Information: | 371.36 Sim p |
Keywords: | Budi Pekerti; Model Budaya Batak Toba; Karakter Siswa; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2832 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan (S3) |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 19 Mar 2021 05:04 |
Last Modified: | 19 Mar 2021 05:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41533 |