Anas, Nirwana (2020) Pengembangan Model Pembelajaran AJARI bagi Mahasiswa Calon Guru SD/MI pada Mata Kuliah Konsep Dasar IPA untuk Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik. Doctoral thesis, UNIMED.
1. NIM. 8146184010 COVER .pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
2. NIM. 8146184010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (385kB) | Preview
3. NIM. 8146184010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
4. NIM. 8146184010 PREFACE.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
5. NIM. 8146184010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
7. NIM. 8146184010 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
8. NIM. 8146184010 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
9. NIM. 8146184010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (749kB) | Preview
13. NIM. 8146184010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (802kB) | Preview
14. NIM. 8146184010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (631kB) | Preview
Abstract
Dunia membutuhkan guru yang cerdas, kreatif, teliti dan peduli yang tidak hanya akan mengubah kehidupan peserta didik, tetapi juga membantu meningkatkan profesionalisme guru di masa depan. Memiliki model pembelajaran yang dapat menciptakan guru cerdas secara kognitif dan terampil dalam mencerdaskan peserta didik merupakan suatu kebutuhan. Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan menguji tingkat kevalidan, kepraktisan, keefektifan, aktifitas aktif dan respon peserta didik dalam penerapan Model Pembelajaran AJARI untuk meningkatkan kreativitas pada mata kuliah Konsep Dasar IPA. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Developmental Research). Model Pembelajaran AJARI dikembangkan memenuhi kriteria komponen model pembelajaran yakni: sintaks model, sistem sosial, prinsip reaksi pengelolaan, sistem pendukung, dan dampak instruksional dan pengiring serta instrumen-instrumen yang diperlukan. Pengembangan Model Pembelajaran dilakukan mengikuti tahapan pengembangan yang dikemukan Plomp dengan memperhatikan tiga aspek produk dari Nieveen. Instrumen yang dikembangkan berupa lembar validasi model pembelajaran, perangkat pembelajaran, dan kreativitas dan divalidasi oleh ahli dan praktisi.Penelitian ini menghasilkan Model Pembelajaran AJARI yang memenuhi kriteria valid baik secara isi dan konstruk, praktis dan efektif, tingkat partisipasi aktif dan respon peserta didik berada pada level tinggi. Implikasi penelitian ini berupa model pembelajaran yang dapat meningkatkan kreativitas peserta didik. Rekomendasi bagi penelitian selanjutnya supaya menerapkan Model Pembelajaran AJARI pada mata kuliah lain bagi mahasiswa calon guru untuk meninjau dampak kreativitasnya.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Additional Information: | 372.3 Ana p |
Keywords: | Kadar Aktivitas Aktif; Keefektifan; Konsep Dasar IPA; Kreativitas; Model Pembelajaran AJARI |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar (S3) |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 19 Mar 2021 04:43 |
Last Modified: | 10 Aug 2021 08:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41530 |