Ramadhani, Habibah Ani (2021) Analisis Kemampuan Metakognisi dan Kemandirian Belajar Siswa Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Pada Siswa SMP. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8166172026 COVER.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
2. NIM. 8166172026 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (360kB) | Preview
3. NIM. 8166172026 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
4. NIM. 8166171015 PREFACE.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
5. NIM. 8166172026 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
6. NIM. 8166172026 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
7. NIM. 8166172026 TABLES.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
8. NIM. 8166172026 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
9. NIM. 8166172026 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (491kB) | Preview
13. NIM. 8166172026 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
14. NIM. 8166172026 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (334kB) | Preview
Abstract
Penelitian tentang analisis kemampuan metakognisi dan kemandirian belajar siswa berbasis pendekatan matematika realistik pada siswa SMP telah dilaksanakan bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembelajaran berbasis pendekatan matematika realistik terhadap kemampuan metakognisi dan kemandirian belajar siswa, dan menganalisis interaksi antara pembelajaran berbasis pendekatan matematika realistik terhadap kemampuan metakognisi dan kemandirian belajar siswa, dari Desember 2019 sampai Desember 2020. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP. Hasil analisis penelitian yang terkait pada peningkatan kemampuan metakognisi dan kemandirian belajar siswa berbasis pendekatan matematika realistik dari beberapa penelitian diperoleh peningkatan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah dengan penerapan model pembelajaran metakognitif penerapan model pembelajaran yang lebih menekankan pada keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran, sedangkan guru hanya berperan sebagai fasilitator. Pada kelas tahapan kognitif konkrit untuk kelas yang menggunakan pembelajaran pendekatan matematika realistik memiliki selisih rata-rata 10.00 poin lebih tinggi dibandingkan dengan kelas yang menggunakan pembelajaran ekspositori. Penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dalam meningkatkan kemandirian belajar pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan yaitu 65,79% pada pelaksanaan siklus I dan 79,66% pada pelaksanaan siklus II. Penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan segiempat dapat meningkatkan kemandirian belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Kemandirian belajar siswa dapat mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa seluruh indikator kemandirian belajar mengalami peningkatan baik di kelas eksperimen maupun kelas kontrol dimana peningkatan kemandirian belajar siswa di kelas eksperimen yang diberi pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi daripada siswa di kelas kontrol yang diberi pembelajaran langsung. Dengan penerapan pendekatan matematika berbasis realistik mampu meningkatkan metakognisi dan kemndirian belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.72 Ram a |
Keywords: | metakognisi; kemandirian belajar; pendekatan matematika realistik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 19 Mar 2021 04:02 |
Last Modified: | 19 Mar 2021 04:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41528 |