Ahmadi, Rike (2020) Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Berbantuan Software Autograph untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMPN 1 Blangkejeren. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156172033 COVER.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
2. NIM. 8156172033 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (335kB) | Preview
3. NIM. 8156172033 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
4. NIM. 8156172033 PREFACE.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
5. NIM. 8156172033 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
6. NIM. 8156172033 TABELS.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
7. NIM. 8156172033 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
8. NIM. 8156172033 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
9. NIM. 8156172033 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (779kB) | Preview
13. NIM. 8156172033 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
14. NIM. 8156172033 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (658kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepraktisan modul pembelajaran yang dikembangkan berbasis Pendekatan Matematika Realistik berbantuan software autograph, untuk menganalisis keefektivan modul pembelajaran yang dikembangkan berbasis Pendekatan Matematika Realistik berbantuan software autograph, serta untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa melalui modul pembelajaran yang dikembangkan berbasis Pendekatan Matematika Realistik berbantuan software autograph. Data diperoleh melalui lembar validitas modul pembelajaran terdiri dari lembar validasi RPP dan lembar validasi tes kemampuan kreatif matematis, angket respon siswa dan pedoman wawancara guru terhadap modul pembelajaran dan instrumen efektivitas modul pembelajaran dilihat dari hasil tes kreatif matematis siswa. Pengembangan modul dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan Thiagarajan, Semmel dan Semmel, yaitu model 4-D (define, design, develop, disseminate). Hasil penelitiannya yaitu siswa dan guru menyatakan bahwa perangkat yang dikembangkan mudah digunakan, kemampuan berpikir kritis siswa memperoleh ketuntatasan klasikal dengan presentase 87,5%, kadar aktifitas siswa memenuhi kriteria toleransi waktu ideal yang ditetapkan, respon siswa terhadap komponen-komponen perangkat pembelajaran dan kegiatan pembelajaran adalah positif. Peningkatan kemampuan berpikir kreatif pada ujicoba I sebesar 77,9 meningkat pada ujicoba II menjadi 81,64.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 511.572 Ahm p |
Keywords: | module development, realistic mathematical approach, mathematical creative thinking ability, autograph |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA299 Analysis Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 19 Mar 2021 03:41 |
Last Modified: | 19 Mar 2021 03:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41524 |