Nasution, Yusrina Santri (2020) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemandirian Belajar Siswa. Masters thesis, UNIMED.
1__NIM__8166171041_COVER.PDF - Published Version
Download (148kB) | Preview
2__NIM__8166171041_APPROVAL.PDF - Published Version
Download (650kB) | Preview
3__NIM__8166171041_ABSTRACT.PDF - Published Version
Download (175kB) | Preview
4__NIM__8166171041_PREFACE.PDF - Published Version
Download (242kB) | Preview
5__NIM__8166171041TABLE_OF_.PDF - Published Version
Download (298kB) | Preview
6__NIM__8166171041TABLE.PDF - Published Version
Download (172kB) | Preview
7__NIM__8166171041_ILLUSTRA.PDF - Published Version
Download (129kB) | Preview
8__NIM__8166171041_CHAPTER_.PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview
12__NIM_8166171041_CHAPTER_.PDF - Published Version
Download (423kB) | Preview
13__NIM_8166171041_BIBLIOGR.PDF - Published Version
Download (470kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) memperoleh perangkat pembelajaran yang valid dan efektif, (2) mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaranyang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yang terdiri dari empat tahap yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Hasil tahap pendefinisian digunakan untuk merancang perangkat pembelajaran, selanjutnya draf hasil rancangan divalidasi dan diuji coba untuk melihat efektivitasnya. Perangkat pembelajaran yang valid dan efektif disebarkan ke forum MGMP untuk digunakan saat mempelajari materi bangun ruang prisma. Uji coba dilakukan pada siswa kelas VIII MTs. Madinatussalam Sei Rotan Tembung. Uji coba I di kelas VIII-3 dan uji coba II di kelas VIII-2. Dari hasil uji coba ini diperoleh bahwa: (1) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid dengan rata-rata total validitas RPP = 4.35, buku siswa = 4.35, LKS = 4.36; (2) perangkat pembelajaran yang dikembangkan efektif, dilihat dari ketercapaian ketuntasan belajar siswa, aktivitas siswa dalam batas toleransi yang ditetapkan dan respon siswa terhadap pembelajaran dalam kategori baik; (3) rata-rata peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dari uji coba I ke uji coba II adalah 0,22 poin dengan peningkatan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 5.15 %; dan (4) rata-rata peningkatan kemandirian belajar siswa dari uji coba I ke uji coba II adalah 0.41 poin. Berdasarkan kategori, terdapat peningkatan pada kategori sangat tinggi dan tinggi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.72 Nas p |
Keywords: | Pengembangan perangkat pembelajaran; model pembelajaran problem based learning (PBL); kemampuan berpikir kritis; kemandirian belajar siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 19 Mar 2021 03:32 |
Last Modified: | 19 Mar 2021 03:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41521 |