Sadri, Muhammad (2020) Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Karakter pada Materi Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Medan. Masters thesis, UNIMED.
1 NIM. 8166192018 COVER.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
2 NIM. 8166192018 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (452kB) | Preview
3 NIM. 8166192018 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
4 NIM. 8166192018 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (306kB) | Preview
5 NIM. 8166192018 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
6 NIM. 8166192018 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
7 NIM. 8166192018 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
8 NIM. 8166192018 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
9 NIM. 8166192018 BAB I.pdf - Published Version
Download (813kB) | Preview
13 NIM. 8166192018 BAB V.pdf - Published Version
Download (376kB) | Preview
14 NIM. 8166192018 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
Abstract
Universitas Negeri Medan.
Pengamatan awal menjelaskan bahwa instrumen penilaian yang dilakukan oleh guru hanya pada teknik penilaian yang dipilih sesuai dengan karakteristik atau kemampuan siswa. Padahal proses penilaian dalam menulis karya ilmiah sangat baik dan efektif jika prinsip-prinsip penilaian tersebut diperhatikan ketika guru adalah: (1) ada batasan yang jelas tentang apa yang diprioritaskan untuk penilaian. (2) Teknik penilaian yang dipilih harus sesuai dengan karakteristik atau kemampuan yang akan diukur. (3) penilaian komprehensif membutuhkan berbagai jenis teknik penilaian. (4) harus menyadari bahwa teknik penilaian yang digunakan memiliki keterbatasan. (5) penilaian harus digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa.
Data mengenai kualitas instrumen penilaian karakter berdasarkan data rasional (penilaian validator) diambil dengan menggunakan lembar validasi yang diisi oleh para ahli di bidang penilaian pendidikan. dan penyusunan skala psikologis. Lembar validasi ahli terdiri dari empat skor jawaban, yaitu 1, 2, 3, dan 4. Jumlah soal sebanyak 20 butir sehingga rentang skor yang diperoleh berkisar antara 20-80. Hasil yang diperoleh diubah menjadi kriteria kelayakan berikut. Pembelajaran bahasa Indonesia khususnya menulis puisi berbasis pendidikan karakter yang disuguhkan kepada siswa bertujuan untuk melatih siswa agar terampil dalam berbahasa, terutama menulis dengan mengungkapkan ide dan perasaan secara kreatif dan kritis. Pembelajaran menulis puisi di SMA sesuai Kurikulum 2013 bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam berbahasa yang sesuai dan kreatif, meningkatkan kemampuan berpikir logis, kritis dan bernalar, serta meningkatkan kepekaan perasaan dan kemampuan siswa untuk memahami dan mengimplementasikan nilai-nilai pendidikan karakter dalam kehidupan sehari-hari dan di lingkungan sekolah.