Sugesti, Tutik (2013) HUBUNGAN PERILAKU KEPEMIMPINAN PARTISIPATIF KEPALA SEKOLAH, IKLIM ORGANISASI DAN EFIKASI DIRI GURU DENGAN PERILAKU GURU DALAM MENERAPKAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA SMA NEGERI DI WILAYAH MEDAN UTARA. Masters thesis, UNIMED.
1. 8106132022 Judul.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
2. 8106132022 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
3. 8106132022 Abstrak.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
4. 8106132022 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
5. 8106132022 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
6. 8106132022 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
7. 8106132022 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
8. 8106132022 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
9. 8106132022 Bab I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
10. 8106132022 Bab V.pdf - Published Version
Download (501kB) | Preview
11. 8106132022 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (395kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hubungan antara perilaku kepemimpinan partisipatif kepala sekolah dengan perilaku guru dalam menerapkan pendidikan karakter pada SMA Negeri di wilayah Medan Utara 2) Hubungan antara iklim organisasi dengan perilaku guru dalam menerapkan pendidikan karakter pada SMA Negeri di wilayah Medan Utara (3) Hubungan antara efikasi diri guru dengan perilaku guru dalam menerapkan pendidikan karakter pada SMA Negeri di wilayah Medan Utara (4) Hubungan antara perilaku kepemimpinan partisipatif kepala sekolah, iklim organisasi dan effikasi diri guru secara bersama-sama dengan perilaku guru dalam menerapkan pendidikan karakter pada SMA Negeri di wilayah Medan Utara. Metode penelitian ini adalah kuantitatif jenis deskriptif studi korelasional. Populasi target adalah seluruh guru SMA Negeri yang berada di wilayah Medan Utara, yang terdiri dari SMAN 9, SMAN 16, SMAN 19, dan SMAN 20.Untuk menentukan jumlah sampel digunakan teknik Stratified Proportional Random Sampling, serta tabel Kreicjie dan Morgan. Berdasarkan jumlah populasi tersebut, maka jumlah sampel sebesar 114 orang. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik korelasi, regresi sederhana dan ganda. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial yang meliputi analisis korelasi dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perilaku Kepemimpinan Partisipatif Kepala Sekolah, Iklim Organisasi dan Efikasi Diri Guru dengan Perilaku Guru dalam Menerapkan Pendidikan Karakter tergolong kedalam kategori sedang.Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Perilaku Kepemimpinan Partisipatif Kepala Sekolah dengan Perilaku Guru dalam Menerapkan Pendidikan Karakter, koefesien korelasi 0,239.Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Iklim Organisasi dengan Perilaku Guru dalam Menerapkan Pendidikan Karakter, koefesien korelasi 0,422.Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Efikasi Diri Guru dengan Perilaku Guru dalam Menerapkan Pendidikan Karakter, koefesien korelasi 0,340.Terdapat hubungan yang positif dan signifikan secara bersama-sama Perilaku Kepemimpinan Partisipatif Kepala Sekolah, Iklim Organisasi dan Efikasi Diri Guru dengan Perilaku Guru dalam Menerapkan Pendidikan Karakter pada SMA Negeri di wilayah Medan Utara, nilai koefisien korelasi ganda sebesar 0,531. Pengujian dilakukan pada taraf signifikansi dengan dk = 112 dan pada α = 0,05, ini berarti bahwa untuk meningkatkan Perilaku Guru dalam Menerapkan Pendidikan Karakter dibutuhkan Perilaku Kepemimpinan Partisipatif Kepala Sekolah, Iklim Organisasi dan Efikasi Diri Guru yang baik. Hasil penelitian ini dapat bermanfaat bagi Dinas Pendidikan kota Medan, kepala sekolah, dan guru, untuk meningkatkan perilaku guru dalam menerapkan pendidikan karakter, serta peneliti lainnya untuk memperdalam informasi terhadap penelitian lain yang relevan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.201 1 Sug h |
Keywords: | Iklim organisasi; Pendidikan karakter; Kepala sekolah; Kepemimpinan partisipatif; Perilaku guru; Efikasi guru |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 02 May 2016 22:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4151 |