Ariani, Desy (2020) MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI RECIPROCAL PADA POKOK BAHASAN CERITA ANAK DI KELAS VI SD NEGERI NO. 108075 DELI TUA BARAT T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1133311084_COVER.pdf - Published Version
Download (16kB) | Preview
2. NIM. 1133311084_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
3. NIM. 1133311084_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
4. NIM. 1133311084_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
5. NIM. 1133311084_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (412kB) | Preview
9. NIM. 1133311084_BAB I.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
13. NIM. 1133311084_BAB V.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
14. NIM. 1133311084_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam Penelitian ini adalah apakah strategi reciprocal dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah: “Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Strategi Reciprocal Pada Pokok Bahasan Cerita Anak Di Kelas VI SD Negeri No. 108075 Deli Tua Barat T.A. 2019/2020”. Penelitian ini dapat memperbaiki minat belajar dan akan berdampak pada prestasi siswa. Berdasarkan uraian dari kajian teoritis dan kerangka berfikir, maka ditentukan hipotesis tindakan dalam penelitian tindakan kelas ini yaitu “Terdapat Peningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Strategi Reciprocal Pada Pokok Bahasan Cerita Anak Di Kelas VI SD Negeri No. 108075 Deli Tua Barat T.A. 2019/2020”.
Penelitian ini merupakan metode penelitian tindakan kelas (action research). Penelitian ini dijalankan dengan 4 langkah : planning, action, observation, reflection. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri No. 108075 Deli Tua Barat. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Januari 2020 s/d Maret 2020. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri No. 108075 Deli Tua Barat Tahun Ajaran 2019/2020 dengan jumlah siswa 34 orang. Objek penelitian ini adalah minat belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia materi pokok bahasan cerita anak dengan menggunakan strategi reciprocal. Setelah diberikan tindakan pada siklus I diperoleh data penelitian dari 34 siswa dimana 23 siswa (67,65%) yang sudah tuntas dalam belajar dan sisanya 11 siswa (32,35%) yang belum tuntas dalam belajar. Kemudian nilai rata-rata yang diperoleh pada siklus I adalah 81,54. Hal tersebut mengungkapkan bahwa pembelajaran siklus I belum berhasil. Kemudian setelah dilaksanakan penelitian pada siklus II, maka diperoleh data dari 34 siswa bahwa 31 siswa (91,17%) sudah tuntas dalam belajar, dan sisanya adalah 3 siswa (8,83%) belum tuntas dalam belajar. Nilai rata-rata yang diperoleh pada siklus 87,31. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa “Terdapat Peningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Strategi Reciprocal Pada Pokok Bahasan Cerita Anak Di Kelas VI SD Negeri No. 108075 Deli Tua Barat T.A. 2019/2020”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 PGSD 171 |
Keywords: | Cerita anak; Strategi reciprocal; Minat belajar; Strategi pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 08 Mar 2021 08:18 |
Last Modified: | 08 Mar 2021 08:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41411 |