Hutahayan, Evi Novita (2020) PENGARUH PEMBELAJARAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) TERHADAP KARAKTER DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN OTOMATISASI TATA KELOLA KEPEGAWAIAN DI SMK BM PANCA BUDI T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7162144006 COVER.pdf - Published Version
Download (308kB) | Preview
2. NIM. 7162144006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (821kB) | Preview
3. NIM. 7162144006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (421kB) | Preview
4. NIM. 7162144006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (792kB) | Preview
5. NIM. 7162144006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (692kB) | Preview
6. NIM. 7162144006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
7. NIM. 7162144006 TABLE.pdf - Published Version
Download (421kB) | Preview
8. NIM. 7162144006 APPENDICCES.pdf - Published Version
Download (422kB) | Preview
9. NIM. 7162144006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM. 7162144006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (553kB) | Preview
14. NIM. 7162144006 BIBLIOGRAPY.pdf - Published Version
Download (806kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh pembelajaran Higher Order Thinking Skills (HOTS) dengan menggunakan model Project Based Learning terhadap karakter dan hasil belajar siswa.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK BM Panca Budi Medan yang beralamat di Jalan Gatot Subroto, km. 4,5. Penelitian ini merupakan quasi eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMK BM Panca Budi Medan yang berjumlah sebanyak 43 siswa, dengan teknik pengambilan sampel yaitu total sampling. Instrumen tes penelitian terdiri dari soal pre test dan post test serta angket karakter siswa. Sebelum soal pre test dan post test serta angket diberikan kepada sampel terlebih dahulu diuji coba di kelas sebelumnya untuk melihat tingkat validitas, reliabilitas, indeks kesukaran dan daya pembeda. Data yang diperoleh dianalisis untuk mencari nilai rata-rata, varian dan standar deviasi. Tidak hanya itu data yang diperoleh juga dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas,dan uji hipotesis secara parsial (uji-t).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata karakter siswa sebelum dan sesudah perlakuan pembelajaran Higher Order Thinking Skills (HOTS) yaitu 63,51 dan 79,70 dengan standar deviasi 10,711 dan 3,509. Sementara itu untuk hasil belajar sebelum dan sesudah perlakuan pembelajaran Higher Order Thinking Skills (HOTS) memiliki rata-rata sebesar 70,28 dan 83,65 dengan standar deviasi 17,582 dan 10,170. Dari hasil analisis data yang diperoleh bahwa data karakter siswa dan data hasil belajar siswa berdistribusi normal (sig > 0,05) dan homogen (sig > 0,05). Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa:1) Hasil pembelajaran Higher Order Thinking Skills (HOTS) terhadap karakter diperoleh thitung > ttabel yaitu 8,390 > 1,68 dengan taraf sig. 0,00; 2) Hasil pembelajaran Higher Order Thinking Skills (HOTS) terhadap hasil belajar diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,859 > 1,68 dengan taraf sig. 0,001.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan yang positif dan signifikan antara pembelajaran Higher Order Thinking Skills (HOTS) terhadap karakter siswa dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran otomatisasi tata kelola kepegawain kelas XI SMK BM Panca Budi Medan T.A 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Higher Order Thinking Skills, Karakter Siswa, Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD4801 Labor. Work. Working class > HD5650 Employee participation in management. |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 09 Mar 2021 05:07 |
Last Modified: | 09 Mar 2021 05:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41363 |