ALDERA, ALFIS (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN STRATEGI QUIZ TEAM UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI DI SMK NEGERI 1 TAKENGON T.P 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7163342002 COVER.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
2. NIM 7163342002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (612kB) | Preview
3.NIM 7163342002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (496kB) | Preview
4. NIM 7163342002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (498kB) | Preview
5.NIM 7163342002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
6.NIM 7163342002 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
7.NIM 7163342002 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
8. NIM 7163342002 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
9.NIM 7163342002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13.NIM 7163342002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
14.NIM 7163342002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (627kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas X di SMK Negeri 1 Takengon dengan menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan strategi pembelajaran Quis Team T.P 2020/2021.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Takengon yang beralamat di Jl. Lebe Kader No.13, Merah Mersa, Lut Tawar, Kabupaten Aceh Tengah, Aceh. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi yang berjumlah 36 siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dimana dalam setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.Dalam pengumpulan data, teknik yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas siswa dan melalui tes hasil belajar.Sedangkan teknik analisis data yaitu data kualitatif dan data kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan aktivitas belajar siswa pada siklus I terdapat 24 siswa tergolong aktif meningkat menjadi 30 siswa pada siklus II dengan kategori aktif dan sangat aktif. Dari hasil analisis data diperoleh data hasil tes sebelum penerapan dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 15 siswa (41,67%) dengan nilai rata-rata 66,38, sedangkan pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 22 siswa (61,11%) dengan nilai rata-rata 76,11. Meningkat pada siklus II menjadi 30 siswa (83,33%) dengan nilai rata-rata 80 atau mengalami peningkatan sebesar 22,22%. Sebagai indikator ketuntasan secara klasikal aktivitas adalah 80% siswa memperoleh skor ≥ 23 dan Hasil belajar adalah 80% siswa memperoleh nilai ≥ 75.
Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan strategi Quiz Team dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa pada kompetensi dasar menganalisis berbagai jenis lembaga keuangan kelas X Akuntansi 1 di SMK Negeri 1 Takengon T.P 2020/2021.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Model Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Strategi Quiz Team |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 24 Feb 2021 01:45 |
Last Modified: | 24 Feb 2021 01:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41336 |