SINAGA, JOSUA MICHAEL (2020) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL (EMOTIONAL INTERLIGENCE) DAN KEPERCAYAAN DIRI (SELF CONFIDENCE) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2017 FAKULTAS EKONOMI UNIMED. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7163341019 JUDUL.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
2. NIM 7163341019 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (797kB) | Preview
3. NIM. 7163341019 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (670kB) | Preview
4. NIM. 7163341019 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (951kB) | Preview
5. NIM. 7163341019 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (916kB) | Preview
6. NIM 7163341019 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (426kB) | Preview
7. NIM. 71633419 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
8. NIM. 7163341019 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
9. NIM. 7163341019 BAB I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM. 7163341019 BAB V.pdf - Published Version
Download (568kB) | Preview
14. NIM. 7163341019 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (561kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. 2 Untuk mengetahui pengaruh kepercayaan diri terhadap prestasi belajar Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. 3.Untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan kepercayaan diri terhadap prestasi belajar Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020.. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui metode statistik.
Hasil analisis regresi memperoleh peramaan garis regresi: Y = 3,866 + 0,505 X_1 + 0,013 X_2 Kesimpulan yang dapat diambil dari persamaan tersebut adalah: “Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kercedasan emosional terhadap prestasi belajar mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2017 Universitas Negeri Medan yang ditunjukkan oleh bahwa nilai thitung > ttabel (2,110 > 2,004) dengan signifikan 0,022 < 0,05, “Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kepercayaan diri terhadap prestasi belajar mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2017 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan yang ditunjukkan oleh thitung > ttabel (2,613 > 2,004) dengan signifikan 0,022 < 0,05 “Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan antara kecerdasan emosional dan kepercayaan diri terhadap prestasi belajar mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2017 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan dengan nilai Fhitung = 11,844 > Ftabel = 3.17 dengan signifikan 0,01 < 0,05 dengan R-Square sebesar sebesar 0,664 atau sebesar 66,4% nilai tersebut menunjukkan bahwa besarnya sumbangan (kontribusi) variabel kecerdasan emosional dan kepercayaan diri mampu menjelaskan variasi naik turunnya prestasi belajar sebesar 66,4% dan sisanya sebesar 33,6% dipengaruhi oleh faktor lain, dimana faktor-faktor tersebut tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | kecerdasan emosional, kepercayaan diri, prestasi belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 22 Feb 2021 03:29 |
Last Modified: | 22 Feb 2021 04:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41298 |