Lubis, Elfrida (2013) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN GAYA BERPIKIR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM. Masters thesis, UNIMED.
1. 8116122004 Judul.pdf - Published Version
Download (970kB) | Preview
2. 8116122004 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
3. 8116122004 Abstrak.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
4. 8116122004 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (959kB) | Preview
5. 8116122004 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (919kB) | Preview
6. 8116122004 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (921kB) | Preview
7. 8116122004 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (879kB) | Preview
8. 8116122004 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (879kB) | Preview
9. 8116122004 Bab I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
10. 8116122004 Bab V.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
11. 8116122004 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kooperatif STAD dan siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori, mengetahui perbedaan hasil belajar matematika amtara siswa dengan gaya berpikir sekuensial abstrak dan siswa dengan gaya berpikir sekuensial konkret, mengetahui apakah ada interaksi antara strategi pembelajaran dengan gaya berpikir dalam mempengaruhi hasil belajar matematika.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI SMK Negeri 1Lubuk Pakam, sedangkan sampel diambil sebanyak 2 kelas secara cluster random sampling. Penelitian dilakukan pada semester 2 tahun ajaran 2012/2013.Metoda penelitian yang digunakan adalah quasi eksprimen dengan rancangan faktorial 2 X 2. Gaya berpikir siswa diukur dengan menggunakan tes baku yang dirancang oleh Tellier. Tes hasil belajar matematika menggunakan tes berbentuk pilihan berganda sebanyak 33 butir soal dan memiliki reliabilitas 0.868 menggunakan rumus KR-20.Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif STAD memiliki hasil belajar matematika yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran ekspositori. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung = 13.68 > Ftabel = 4.06 pada taraf signifikan α = 0.05. Siswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial abstrak memiliki hasil belajar matematika yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial konkret. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung = 20.19> Ftabel = 4.06 pada taraf signifikan α = 0.05, dan terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dengan gaya berpikir terhadap hasil belajar matematika siswa. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung = 10.12 > Ftabel = 4.06 pada taraf signifikan α = 0.05, dengan dk (1:44). Uji lanjut menggunakan uji Scheffe yang membuktikan bahwa siswa yang menggunakan strategi pembelajaran kooperatif STAD memperoleh hasil belajar lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran ekspositori. Sedangkan siswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial abstrak memperoleh hasil belajar matematika lebih tinggi jika diajar dengan strategi pembelajaran kooperatif STAD dibanding dengan siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 9 Lub p |
Keywords: | Pembelajaran kooperatif; Pembelajaran ekspositori; Strategi pembelajaran; Gaya berpikir |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 28 Apr 2016 19:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4125 |