Simarmata, Ruth Melarty (2013) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN TIPE KEPRIBADIAN TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SIANTAR KAB. SIMALUNGUN. Masters thesis, UNIMED.
1. 8116122016 Judul.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
2. 8116122016 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
3. 8116122016 Abstrak.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
4. 8116122016 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (916kB) | Preview
5. 8116122016 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
6. 8116122016 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
7. 8116122016 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
8. 8116122016 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
9. 8116122016 Bab I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
10. 8116122016 Bab V.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
11. 8116122016 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
Abstract
Berdasarkan data nilai rata-rata ujian semester ekonomi kelas X di SMA Negeri 1 Siantar Kab. Simalungun pada tahun ajaran 2010/2011 nilai rata-rata hasil belajar ekonomi siswa diperoleh 70 akan tetapi pada tahun 2011/2012 terjadi penurunan nilai rata-rata hasil belajar ekonomi yaitu 65. Hal ini disebabkan oleh kurangnya kemampuan guru menerapkan strategi pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa yang diajar. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui perbedaan hasil belajar Ekonomi siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori. (2) Mengetahui perbedaan hasil belajar Ekonomi siswa yang memiliki tipe kepribadian eksovert dan tipe kepribadian introvert, dan (3) Mengetahui interaksi antara strategi pembelajaran dan tipe kepribadian siswa terhadap hasil belajar Ekonomi.Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi penelitian 267 orang yang berasal dari 6 kelas yaitu kelas X SMA Negeri 1 Siantar Kab. Simalungun, sedangkan sampel seluruhnya 78 orang yang terdiri dari dua kelas dengan menggunakan cluster random sampling. Sebelum perlakuan diberikan, terlebih dahulu sampel penelitian diberikan tes tipe kepribadian untuk membedakan jenis tipe kepribadian yang dimiliki siswa. Tes hasil belajar yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian terlebih dahulu diujicobakan untuk mengetahui validitas dan reabilitas tes. Hasil yang diperoleh dari 46 soal yang diujicobakan, sebanyak 40 saja yang memenuhi persyaratan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif untuk menyajikan data dan statistik inferensial untuk menguji hipotesis penelitian. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan Anava 2 jalur yang sebelumnya, terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis data yaitu uji normalitas data dengan uji Lilliefors dan uji homogenitas varians dengan uji Fisher dan uji Bartlett dan dilanjutkan dengan uji Scheffe.Hasil analisis data diperoleh; (1) hasil belajar Ekonomi siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih tinggi daripada hasil belajar Ekonomi siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori. Hal ini ditunjukkan Fhitung = 55.28 dan Ftabel = 3.970 untuk taraf signifikansi ∝= 0.05 dengan derajat dk (1.74). (2) hasil belajar Ekonomi siswa yang memiliki tipe kepribadian ekstrovert lebih tinggi daripada hasil belajar Ekonomi siswa dengan tipe kepribadian introvert. Hal ini ditunjukkan Fhitung = 57.94 dan Ftabel = 3.970 untuk taraf signifikansi ∝= 0.05 dengan derajat dk (1.74), dan (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan tipe kepribadian siswa dalam mempengaruhi hasil belajar Ekonomi. Hal ini ditunjukkan Fhitung = 7.14 dan Ftabel = 3.970 untuk taraf signifikansi ∝= 0.05 dengan derajat dk (1.74).Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk meningkatkan hasil belajar Ekonomi, strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD tepat digunakan bagi siswa yang memiliki tipe kepribadian ekstrovert. Siswa yang memiliki tipe kepribadian introvert lebih efektif dibelajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 330.071 2 Sim p |
Keywords: | Pembelajaran kooperatif; Pembelajaran ekspositori; Kepribadian; Ekstrovert; Introvert |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 28 Apr 2016 18:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4122 |