PUTRI, YULIA (2020) PENGARUH PRESTASI BELAJAR, KONDISI SOSIAL EKONOMI ORANG TUA, DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA KELAS XI IIS SMA NEGERI 1 DELI TUA T. P. 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7162141017 COVER.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
2. NIM. 7162141017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 7162141017 PREFACE.pdf - Published Version
Download (893kB) | Preview
4. NIM. 7162141017 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (358kB) | Preview
5. NIM. 7162141017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (619kB) | Preview
6. NIM. 7162141017 TABLES.pdf - Published Version
Download (485kB) | Preview
7. NIM. 7162141017 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
8. NIM. 7162141017 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
9. NIM. 7162141017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
13. NIM. 7162141017 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (618kB) | Preview
14. NIM. 7162141017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (849kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh prestasi belajar, kondisi sosial ekonomi orangtua, dan lingkungan sekolah terhadap minat melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi pada siswa kelas XI IIS SMA Negeri 1 Deli Tua T.P.2019/2020. Rendahnya prestasi belajar, kondisi sosial ekonomi orangtua, dan lingkungan sekolah yang kurang maksimal dapat menghambat peningkatkan minat melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi pada siswa kelas XI IIS SMA Negeri 1 Deli Tua T.P.2019/2020.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan instrumen angket dan observasi terhadap 96 responden. Sebelum dilakukannya penelitian terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian yang dilaksanakan di SMA Negeri 9 Medan. Kemudian dilakukan uji normalitas, linearitas, multikolinearitas, dan heteroskedastisitas. Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda dan untuk menguji hipotesis penelitian dengan menggunakan Uji-t dan Uji-F.
Hasil analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan Y = 11,095 + 0,253X1 + 0,331X2 + 0,426X3, uji-t pada variabel prestasi belajar (X1) diperoleh thitung>ttabel (2,289 > 1,665), variabel kondisi sosial ekonomi orangtua (X2) diperoleh thitung>ttabel (3,411 > 1,665), dan variabel lingkungan sekolah (X3) diperoleh thitung>ttabel (4,909 > 1,665). Sedangkan uji-F menghasilkan nilai Fhitung>Ftabel (24,348 > 2,70). Selanjutnya dari koefisien determinasi (R2) diperoleh R square sebesar 0,443 yang berarti prestasi belajar, kondisi sosial ekonomi orangtua, dan lingkungan sekolah berkontribusi sebesar 44,3% terhadap minat melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi pada siswa kelas XI IIS SMA Negeri 1 Deli Tua T.P.2019/2020. Berdasarkan hasil penelitian juga diperoleh bahwa variabel lingkungan sekolah (X3) merupakan variabel yang paling mempengaruhi minat melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi siswa kelas XI IIS SMA Negeri 1 Deli Tua T.P.2019/2020, hal ini ditunjukkan dengan nilai thitung dan nilai koefisien yang lebih besar dari kedua variabel lainnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Prestasi Belajar, Kondisi Sosial Ekonomi Orangtua, Lingkungan Sekolah, Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 04 Feb 2021 02:57 |
Last Modified: | 04 Feb 2021 02:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41188 |