CHAIRANI, UMMI (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN KELAS XI SMK N 7 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8176166014 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2. NIM 8176166014 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (732kB) | Preview
3. NIM 8176166014 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
4. NIM 8176166014 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (358kB) | Preview
5. NIM 8176166014 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
6. NIM 8176166014 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
7. NIM 8176166014 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
8. NIM 8176166014 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
9. NIM 8176166014 BAB I.pdf - Published Version
Download (737kB) | Preview
13. NIM 8176166014 BAB V.pdf - Published Version
Download (330kB) | Preview
14. NIM 817616614 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (623kB) | Preview
Abstract
Tujuan Penelitian ini untuk (1) mengetahui dan menganalisis antara model
pembelajaran Advance Organizer dengan model pembelajaran Discovery Learning terhadap
hasil belajar pada mata pelajaran kewirausahaan kelas XI SMK N 7 Medan, (2) Mengetahui
dan menganalisis antara kemandirian belajar yang menggunakan model pembelajaran
Advance Organizer dengan kemandirian belajar yang menggunakan model pembelajaran
Discovery Learning terhadap hasil belajar pada mata pelajaran kewirausahaan kelas XI SMK
N 7 Medan. Penelitian ini dilakukan di SMK N 7 Medan yang berlokasikan di JL. STM. No.
12 E Medan. subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Ak yang berjumlah 71 orang. Teknik
dan instrumen pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Hasil penelitian
menunjukkan (1) Perbedaan hasil belajar kewirausahaan siswa yang diajarkan dengan
menggunakan model pembelajaran Advamce Organizer dengan hasil belajar siswa yang
diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dengan skor Fhitung
4,32 dan Ftabel 3,98. (2) Perbedaan hasil belajar kewirausahaan siswa yang memiliki
kemandirian belajar tinggi dan hasil belajar kewirausahaan siswa yang memiliki kemandirian
belajar rendah dengan skor Fhitung 5,18 dan Ftabel 3,98. (3) Interaksi antara model pembelejaran
dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar kewirausahaan siswa dengan skor Fhitung 27,70
dan Ftabel 3,98. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar kewirausahaan sisiwa diajarkan
dengan menggunakan model pembelajaran Advance Organizer dan memiliki kemandirian
belajar tinggi lebih tinggi daripada dengan menggunakan model pembelajaran Discovery
Learning.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 338,040 71 Cha p |
Keywords: | Model Pembelajaran ; Kemandirian Belajar ; Hasil Belajar ; Kewirausahaan |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB615 Entrepreneurship. Risk and uncertainty. L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 25 Jan 2021 11:30 |
Last Modified: | 19 May 2023 08:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41147 |