ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII SMP

Jepri, Iwan (2019) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII SMP. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8156172018 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8156172018 COVER.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8156172018 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8156172018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8156172018 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8156172018 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8156172018 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8156172018 PREFACE.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8156172018 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8156172018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8156172018 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8156172018 TABLES.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8156172018 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8156172018 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8156172018 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8156172018 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8156172018 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8156172018 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (963kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8156172018 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8156172018 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (336kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8156172018 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8156172018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (454kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai gaya belajar siswa
di SMP Santo Petrus Medan, kemudian menganalisis kemampuan berpikir kreatif
matematis siswa dalam pemecahan masalah yang ditinjau dari gaya belajar
akomodasi, divergen, konvergen, dan asimilasi. Selain itu, dilakukan wawancara
terhadap kesalahan siswa untuk menemukan kesulitan siswa dalam pemecahan
masalah. Berdasarkan hasil penelitian terhadap 33 siswa, diperoleh siswa dengan
gaya belajar akomodasi berjumlah 5 siswa (15,15%), siswa dengan gaya belajar
divergen berjumlah 8 siswa (24,24 %), siswa dengan gaya belajar konvergen
berjumlah 7 siswa (21,21%), dan siswa dengan gaya belajar asimilasi berjumlah
13 orang (39,39%). Berdasarkan hasil tes kemampuan berpikir kreatif matematis
siswa diperoleh tingkat kemampuan berpikir kreatif dalam kategori tinggi
berjumlah 4 siswa (12,12%), kategori sedang berjumlah 7 siswa (21,21%), dan
kategori rendah berjumlah 22 siswa (66,66%). Dari hasil wawancara terhadap
siswa, untuk gaya belajar akomodasi mengalami kesulitan pada indikator konsep,
prosedur, dan prinsip. Pada gaya belajar divergen siswa mengalami kesulitan pada
indikator fakta, konsep, dan prinsip. Pada gaya belajar konvergen siswa
mengalami kesulitan pada indikator prosedur, fakta, dan prinsip. Pada gaya
belajar asimilasi siswa mengalami kesulitan pada indikator fakta, konsep, dan
prinsip.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.72 Jep a
Keywords: Berpikir Keratif; Gaya Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 25 Jan 2021 11:26
Last Modified: 19 May 2023 03:14
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41137

Actions (login required)

View Item
View Item