AMRI, MHD FAUZI (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8 PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI DASAR OTOMOTIF SISWA KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN OTOMOTIF SMK NEGERI 5 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8176122016 COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
2. NIM. 8176122016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
3. NIM. 8176122016 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
4. NIM. 8176122016 PREFACE.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
5. NIM. 8176122016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
6. NIM. 8176122016 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
7. NIM. 8176122016 LIST OF FIGURES .pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
8. NIM. 8176122016 LIST OF APPENCIES .pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
9. NIM. 8176122016 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (412kB) | Preview
13. NIM. 8176122016 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
14. NIM. 8176122016 BIBLIOGRAPY.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
Abstract
Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media
pembelajaran interaktif berbasis Problem Based Learning (PBL) menggunakan
Macromedia Flash 8 pada mata pelajaran Teknologi Dasar Otomotif yang layak,
efektif digunakan, mudah dipelajari dan mudah digunakan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan
model pengembangan produk Borg dan Gall. Model pengembangan produk
pembelajaran ini merupakan model yang disusun secara sistematis dan memenuhi
karakteristik siswa dalam belajar. Adapun proses pembuatan produk ini meliputi
tahap-tahap sebagai berikut : (1) studi pendahuluan; (2) perancangan dan
pengembangan; (3) validasi; (4) Uji media.
Hasil penelitian menunjukkan : (1) uji ahli materi bahwa materi pelajaran
Teknologi Dasar Otomotif masuk kedalam kriteria sangat layak dengan skor ratarata
4,20. (2) Uji ahli desain instruksional masuk kedalam kriteria sangat layak
dengan skor rata-rata 4,44. (3) Uji ahli perangkat lunak masuk kedalam kriteria
layak dengan skor rata-rata 4,03. (4) Uji perseorangan masuk kedalam kriteria
akseptansi sangat tinggi atau tingkat penerimaan oleh pengguna sangat tinggi
dengan skor rata-rata 4,33. (5) Uji coba kelompok kecil masuk kedalam kriteria
akseptansi sangat tinggi atau penerimaan oleh pengguna sangat tinggi dengan skor
rata-rata 4,18. (6) Uji coba lapangan masuk kedalam kriteria akseptansi sangat
tinggi atau penerimaan oleh pengguna sangat tinggi dengan skor rata-rata 4,64.
Hasil pengujian hipotesis membuktikan bahwa terdapat perbedaan hasil
belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran
interaktif dengan siswa yang dibelajarkan tanpa menggunakan media
pembelajaran interaktif. Hal ini disimpulkan dari hasil pengolahan data dimana
Fhitung< Ftabel yaitu 1,348 < 1,738 pada taraf signifikan α = 0,05. Kesimpulan akhir
adalah efektifitas penggunaan media pembelajaran interaktif terdapat perbedaan
hasil belajar Teknologi Dasar Otomotif yaitu siswa yang diajarkan dengan
menggunakan media pembelajaran interaktif memiliki rata-rata hasil belajar
sebesar 79,76 sedangkan siswa yang diajarkan tanpa menggunakan media
pembelajaran interaktif memiliki hasil belajar sebesar 72,33.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.33 Amr p |
Keywords: | Media Pembelajaran Interaktif, Problem Based Learning, Macromedia Flash 8, Hasil Belajar Siswa, Teknologi Dasar Otomotif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 25 Jan 2021 11:16 |
Last Modified: | 19 May 2023 03:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41124 |