SYAFII, MHD (2021) PENGEMBANGAN MODEL, PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS FULKLOR UNTUK MENINGKATAKAN KETERAMPILAN MEMBACA CEPAT SISWA. Doctoral thesis, UNIMED.
1. NIM. 8146184006 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM. 8146184006 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 8146184006 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
4. NIM. 8146184006 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
5. NIM. 8146184006 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (397kB) | Preview
6. NIM. 8146184006 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
7. NIM. 8146184006 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
8. NIM. 8146184006 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
9. NIM. 8146184006 BAB I.pdf - Published Version
Download (748kB) | Preview
13. NIM. 8146184006 BAB. V.pdf - Published Version
Download (636kB) | Preview
14. NIM. 8146184006 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (594kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk: (1) menemukan model pembelajaran
kontekstual berbasis folklor yang valid, praktis dan efektif dalam pembelajaran
Bahasa Indonesia, (2) menemukan aturan penentuan keterampilan membaca cepat
siswa, (3) mendeskripsikan tingkat keterampilan membaca cepat siswa dalam proses
pembelajaran kontekstual berbasis folklor, (4) mendeskripsikan tingkat kemampuan
guru mengelola pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran kontekstual
berbasis folklor, (5) mendeskripsikan aktivitas siswa selama proses pembelajaran
kontekstual berbasis folklor, dan (6) mendeskripsikan respon siswa terhadap
komponen dan proses pembelajaran kontekstual berbasis folklor.
Penelitian dilaksanakan di dua sekolah dasar negeri dan dua sekolah
menengah pertama negeri kota Medan. Metodologi digunakan adalah penelitian
pengembangan (research and development/R&D). Produk yang dihasilkan divalidasi
oleh ahli desain, ahli evaluasi, ahli bahasa dan ahli folklor, kemudian dilanjutkan uji
perorangan, uji kelompok kecil dan kelompok lapangan. Pengujian keterlaksanaan
model juga dilakukan kemudian dilanjutkan dengan uji efektivitas.
Temuan penelitian ini: (1) produk model pembelajaran kontekstual berbasis
folklor yang dihasilkan valid berdasarkan validasi ahli, memiliki tingkat kepraktisan
dan keefektifan terhadap peningkatan kemampuan membaca cepat siswa, (2)
ditemukan aturan penentuan keterampilan membaca cepat dengan memodifikasi teks
bacaan yang didesain berbasis folklor, (3) keterampilan siswa membaca siswa
meningkat, (4) kemampuan guru mengelola pembelajaran baik, (5) aktivitas belajar
siswa selama proses pembelajaran mengalami peningkatan, dan (6) respon siswa
terhadap proses pembelajaran adalah baik.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Additional Information: | 372.455 Sya p |
Keywords: | model pembelajaran kontekstual berbasis folklor; membaca cepat; siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar (S3) |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 25 Jan 2021 11:12 |
Last Modified: | 19 May 2023 02:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41113 |