Situmorang, Dian Lestari A. (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN SELF-EFFICACY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA KELAS X PADA MATERI EKOSISTEM DI SMA SWASTA METHODIST 1 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 8106174003 Judul.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
2. 8106174003 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (420kB) | Preview
3. 8106174003 Abstrak.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
4. 8106174003 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
5. 8106174003 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
6. 8106174003 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
7. 8106174003 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
8. 8106174003 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
9. 8106174003 Bab I.pdf - Published Version
Download (381kB) | Preview
10. 8106174003 Bab V.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
11. 8106174003 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
Abstract
Penelitan ini dilakukan di SMA Swasta Methodist 1 Medan yang bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh model pembelajaran (sinektik dan kooperatif jigsaw) terhadap hasil belajar biologi siswa; (2) pengaruh self-efficacy terhadap hasil belajar biologi siswa; dan (3) interaksi antara model pembelajaran dan self-efficacy terhadap hasil belajar biologi siswa. Sampel penelitian ini siswa SMA kelas X Methodist 1 Medan Tahun Ajaran 2012/2013 yang diambil secara acak (random sampling) yaitu sebanyak 2 kelas dengan jumlah 68 siswa dari populasi 4 kelas yang berjumlah 136 siswa. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar siswa, dan angket Self-efficacy siswa. Metode penelitian ini bersifat kuasi eksperimen (quasi eksperimental method) dengan teknik analisis hipotesis analisis varians dua jalur (two-ways of anova) pada taraf signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa: (1) terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran terhadap hasil belajar biologi siswa (Fhitung = 7,316; P. = 0,009); (2) terdapat pengaruh signifikan self-efficacy terhadap hasil belajar biologi siswa (Fhitung = 262,089; P. = 0,000); dan (3) terdapat interaksi signifikan antara model pembelajaran dan self-efficacy terhadap hasil belajar biologi siswa (Fhitung = 142,025; P. = 0,000). Hasil penelitan ini mengimplikasikan bahwa model pembelajaran sinektik menimbulkan proses berpikir yang kreatif siswa. Sehingga proses analogik dapat terjadi jika informasi-informasi sebelumnya telah dikuasai secara tuntas sehingga mampu menggunakan informasi-informasi tersebut pada situasi-situasi lain yang pada akhirnya melahirkan gagasan-gagasan baru yang akan dapat meningkatkan kreativitas siswa yakni kreativitas self efficacy siswa dalam proses pembelajaran sehingga siswa dapat memiliki kemampuan untuk mengorganisasi, melakukan suatu tugas, mencapai suatu tujuan pembelajaran, menghasilkan sesuatu dan mengimplementasikan tindakan siswa di dalam kelas serta meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 577.071 Sit p |
Keywords: | Pembelajaran sinektik; Pembelajaran kooperatif; Model pembelajaran; Self-efficacy; Ekosistem; Jigsaw |
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 26 Apr 2016 08:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4106 |