Simarmata, Mangara (2013) PERSEPSI SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN BIOLOGI DAN KOMPETENSI GURU BIOLOGI SERTA HUBUNGANNYA DENGAN HASIL BELAJAR DAN PEMILIHAN KARIR SISWA DI SMA METHODIST SE-KOTA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 8106174010 Judul.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
2. 8106174010 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
3. 8106174010 Abstrak.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
4. 8106174010 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
5. 8106174010 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
6. 8106174010 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
7. 8106174010 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
8. 8106174010 Bab I.pdf - Published Version
Download (568kB) | Preview
9. 8106174010 Bab V.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
10. 8106174010 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (329kB) | Preview
Abstract
Penelitan ini dilakukan di SMA Methodist-1, Methodist-5, dan Methodist-7 Medan, yang bertujuan untuk mengetahui hubungan: (1) persepsi siswa terhadap mata pelajaran biologi dengan hasil belajar siswa; (2) persepsi siswa terhadap kompetensi guru biologi dengan hasil belajar siswa; (3) persepsi siswa terhadap mata pelajaran biologi dengan pemilihan karir siswa; dan (4) persepsi siswa terhadap kompetensi guru biologi dengan pemilihan karir siswa. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik sampel random berstrata (stratified random sampling) pada masing-masing tingkatan kelas SMA Methodist-1, SMA Methodist-5, dan SMA Methodist-7 Medan pada tahun pembelajaran 2012/2013 dengan jumlah 286 siswa dari populasi siswa (963 siswa). Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar siswa dalam bentuk pilihan berganda, angket persepsi siswa terhadap mata pelajaran biologi, angket persepsi siswa terhadap kompetensi guru biologi, dan angket pemilihan karir siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-korelatif dengan teknik analisis korelasi regresi pada taraf signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian yang dilakukan dengan memberikan instrumen tes hasil belajar dan angket kepada siswa, diperoleh sebagai berikut: (1) tidak terdapat hubungan persepsi siswa terhadap mata pelajaran biologi dengan hasil belajar (P = 0,257); (2) terdapat hubungan positif persepsi siswa terhadap kompetensi guru biologi dengan hasil belajar (P = 0,000); (3) terdapat hubungan positif persepsi siswa terhadap mata pelajaran biologi dengan pemilihan karir (P = 0,000); dan (4) terdapat hubungan positif persepsi terhadap kompetensi guru biologi dengan pemilihan karir siswa (P = 0,000). Kesimpulan umum dari penelitian ini menggambarkan pemilihan karir dan hasil belajar siswa, sehingga hasil penelitan ini mengimplikasikan bahwa persepsi siswa yang berupa informasi dari penginderaan siswa terhadap pengalaman nyata dan benar terhadap mata pelajaran biologi dan kompetensi guru biologi memberikan kontribusi secara signifikan terhadap hasil belajar maupun pemilihan karir siswa SMA Methodist Se-Kota Medan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 570.071 Sim p |
Keywords: | Pemilihan karir; Kompetensi guru; Biologi; Gender |
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 26 Apr 2016 07:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4102 |