Damanik, Helen Kristiyani (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INSIDE-OUTSIDE-CIRCLE TERHADAP HASIL BELAJAR LAGU DAERAH KELAS VIII SMPS ANGKASA LANUD SOEWONDO MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 2151142013 COVER.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
2. NIM. 2151142013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (613kB) | Preview
3. NIM. 2151142013 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
4. NIM. 2151142013 PREFACE.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
5. NIM. 2151142013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
6. NIM. 2151142013 TABLES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM. 2151142013 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
8. NIM. 2151142013 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 2151142013 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (517kB) | Preview
10. NIM. 2151142013 CHAPTER II.pdf - Published Version
Download (405kB) | Preview
11. NIM. 2151142013 CHAPTER III.pdf - Published Version
Download (521kB) | Preview
12. NIM. 2151142013 CHAPTER IV.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
13. NIM. 2151142013 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
14. NIM. 2151142013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
15. NIM. 2151142013 ENCLOSURE.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah melihat perbedaan hasil belajar siswa dengan meneraokan dua model pembelajaran, yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Inside-Outside-Circle dengan model pembelajaran langsung di kelas VIII SMPS Angkasa Lanud Soewondo Medan T.A 2019/2020.Jenis penelitian ini adalah true eksperimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPS Angkasa Lanud Soewondo Medan yang terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling. Sampel yang terpilih adalah kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran Inside-Outside-Circle yang berjumlah 20 orang daan kelas VIIIB sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran langsung yang berjumlah 20 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini digunakan tes pilihan berganda sebanyak 20 soal dengan 4 pilihan jawaban yang telah divalidkan oleh validator. Statistik yang digunakan untuk pengujian hipotesis penelitian ini adlah uji t. Sebagai uji prasyarat digunakan uji normalitas dan homogenitas.Selisih hasil tes menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Inside-Outside-Circle dengan model pembelajaran langsung. Pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata pretes 37,5 dan nilai postest 82,5 pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretes 40,25 dan postest 61,75. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh thitung = 5,49 dan ttabel = 2,036 maka thitung > ttabel maka Ha diterima, sehingga hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Inside-Outside-Circle terhadap hasil belajar siswa pada materi lagu daerah siswa kelas VIII di SMPS Angkasa Lanud Soewondo Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Koooperatif; Inside-Outside-Circle; Hasil Belajar; Lagu Daerah |
Subjects: | M Music and Books on Music > M Music M Music and Books on Music > MT Instruction and study > MT18 Music in colleges and universities |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 15 Jan 2021 01:50 |
Last Modified: | 30 Sep 2021 04:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40899 |