Afifah, Nur (2013) PENERAPAN BRAIN BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. Masters thesis, UNIMED.
1. 081188710006 Judul.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
2. 081188710006 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (915kB) | Preview
3. 081188710006 Abstrak.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
4. 081188710006 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
5. 081188710006 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
6. 081188710006 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
7. 081188710006 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
8. 081188710006 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
9. 081188710006 Bab I.pdf - Published Version
Download (749kB) | Preview
10. 081188710006 Bab V.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
11. 081188710006 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan brain based learning dengan siswa yang memperoleh pembelajaran biasa, (2) mengetahui perbedaan motivasi siswa terhadap matematika antara siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan brain based learning dengan siswa yang memperoleh pembelajaran biasa, (3) mendeskripsikan ragam jawaban siswa dalam soal-soal pemecahan masalah matematika untuk masing-masing pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kuasieksperimen.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Swasta Cerdas Murni Tembung. Variabel-variabel dalam penelitian ini adalah penerapan pembelajaran brain based learning dan pembelajaran biasa sebagai variabel bebas, sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Instrumen yang digunakan adalah: (1) tes kemampuan pemecahan masalah, (2) angket motivasi siswa terhadap matematika. Sedangkan perangkat pembelajaran yang digunakan adalah: (1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), (2) Lembar Aktivitas Siswa (LAS). Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi validitas isi serta koefisien reliabilitas tes pemecahan masalah sebesar 0,817 dan angket motivasi siswa terhadap matematika 0,898.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan brain based learning lebih baik dari siswa yang memperoleh pembelajaran biasa. Besarnya nilai signifikan yang diperoleh dari Uji-tdengan taraf sgnifkan 5% maka didapat thitung = 3,994 > ttabel = 1,994. (2) motivasi siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan brain based learning lebih baik daripada yang memperoleh pembelajaran biasa. Besarnya nilai signifikan yang diperoleh dari Uji-tdengan taraf signifikan 5% maka didapat thitung = 2,552 > ttabel = 1,994. (3) proses jawaban siswa dalam pembelajaran brain based learninglebih teraturjika dibandingkan dengan proses jawaban siswa dalam pembelajaran biasa. Berdasarkan hasil penelitan ini, maka peneliti menyarankan agar pendekatan brain based learning dapat dijadikan alternatif bagi guru matematika untuk dikembangkan sebagai salah satu pendekatan pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa serta menumbuhkan motivasitinggi siswa terhadap matematika.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Nur p |
Keywords: | Motivasi; Pembelajaran biasa; Pembelajaran matematika; Pemecahan masalah; Brain based learning |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 21 Apr 2016 07:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4088 |