SIAGIAN, IRMA (2020) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN MANAJEMEN WAKTU TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IS SMA NEGERI 7 MEDAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7161141017 COVER.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
2. NIM. 7161141017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
3. NIM. 7161141017 PREFACE.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
4. NIM. 7161141017 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
5. NIM. 7161141017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (341kB) | Preview
6. NIM. 7161141017 TABLES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 7161141017 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 7161141017 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 7161141017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (622kB) | Preview
13. NIM. 7161141017 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
14. NIM. 7161141017 BIBLIOGRAHY.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah Prestasi Belajar ekonomi siswa kelas XI
IS SMA Negeri 7 Medan Tahun Ajaran 2019/2020 masih dalam kategori belum cukup
baik hal ini terjadi karena berbagai faktor dan digua bahwa kemandirian belajar dan
manajemen waktu siswa kelas XI di SMA negeri 7 Medan belum cukup baik. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kemandirian Belajar dan Manajemen Waktu
Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IS SMA negeri 7 Medan Tahun
Ajaran 2019/2020. enis penelitian ini adalah Expost Facto. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas XI IS SMA Negeri 7 Medan terdiri dari 3 kelas dengan
jumlah 105 siswa. Teknik Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah simple
random sampling dengan jumlah 54 siswa. Teknik Pengumpulan data dalam Penelitian
ini adalah Observasi, Wawancara, Dokumentasi dan Angket. Uji validitas untuk butir
angket menggunakan rumus Product Moment dan uji reliabilitasnya menggunakan
rumus Cronbach Alpha. Uji Asumsi Klasik yang digunakan adalah Uji Normalitas, Uji
Linearitas dan Uji Multikolinearitas. Teknik analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah Regresi Linear berganda dan untuk menguji hipotesis digunakan
rumus Uji t, Uji F, dan Koefisien Determinasi (R2).
Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan program SPSS 20,
diperoleh persamaan regresi linier berganda Y= 43,563 + 0,218X1 + 0,251 X2 + e.
Analisis uji t untuk variabel Kemandirian belajar (X1) diperoleh thitung > ttabel (2,868 >
1,675) dengan nilai sig α < 0,05 atau 0,005 < 0,05. Hal ini berarti Kemandirian belajar
berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Ekonomi (Y). Untuk
variabel Manajemen Waktu (X2) diperoleh thitung > ttabel (4,61 > 1,675) dengan nilai sig
α < 0,05 atau 0,001 < 0,05. Hal ini berarti Manajemen waktu berpengaruh positif dan
signifikan terhadap Prestasi Belajar Ekonomi siswa. Selanjutnya untuk uji F dilakukan
dengan membandingkan hasil antara Fhitung dengan Ftabel. Berdasarkan uji F diperoleh
bahwa nilai Fhitung > Ftabel (25,791> 3,18) dengan nilai sig α < 0,05 atau 0,000 < 0,05.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel Kemandirian belajar (X1) dan Manajemen
waktu (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Ekonomi (Y).
Dari analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang berbunyi terdapat
pengaruh antara kemandirian belajar dan manajemen waktu terhadap prestasi belajar
ekonomi siswa kelas XI IS SMA Negeri 7 Medan Tahun Ajaran 2019/2020 diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kemandirian belajar, Manajemen Waktu, Prestasi Belajar Ekonomi. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 30 Nov 2020 05:26 |
Last Modified: | 30 Nov 2020 05:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40866 |